Optimalisasi Pemanfaatan Chromebook di Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di NTT Belajar Ke Kota Madiun




MADIUN - Perkembangan pesat Kota Madiun dalam dunia pendidikan terus menarik perhatian banyak pihak. Setelah berhasil mewujudkan sekolah rujukan Google, semakin banyak daerah yang belajar ke Kota Pendekar.

Hal ini seperti tampak pada kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ke Kota Madiun, Selasa (27/2). Dalam kunjungan kerja tersebut mereka mengajak sembilan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota di NTT untuk studi banding ke Kota Madiun terkait pemanfaatan Chromebook dalam peningkatan mutu pendidikan.

"Sebelumnya, kami diperkenalkan oleh Google Indonesia bahwa di Kota Madiun ada sekolah rujukan yang bagus. Maka, kedatangan kami ke sini untuk melihat secara langsung proses pembelajaran dengan Chromebook seperti apa," ujar Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kota Madiun mengajak para tamu dari NTT untuk mengunjungi sejumlah sekolah rujukan Google. Yakni, di SMPN 2 Madiun, SMPN 13 Madiun, SMPN 3 Madiun, dan SMPN 1 Madiun.

Rombongan diajak melihat langsung proses belajar mengajar di kelas. Para siswa juga mempraktekkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan Chromebook.

"Kami lihat pemanfaatan Chromebook ini lebih efisien. Guru tidak perlu banyak berbicara di depan kelas dan siswa bisa mengembangkan pengetahuan yang didapatkannya dari guru," tuturnya.

Dumuliahi pun berharap, hasil studi banding ini dapat menjadi oleh-oleh berharga dan segera diterapkan di Kota Kupang. Juga, daerah lainnya di Provinsi NTT.

"Untuk saat ini, kami memang ada beberapa sekolah yang telah mendapatkan bantuan Chromebook. Namun, penggunaannya hanya sebatas saat asesmen nasional. Melalui studi banding ini kami harap bisa semakin mengoptimalkan penggunaannya," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun Heni Wisma Rosanawati berharap apa yang ditampilkan oleh Kota Madiun bisa memberikan manfaat bagi Provinsi NTT. Sehingga, ke depannya pemerataan pendidikan di Indonesia dapat terwujud.

Selain itu, Pemkot Madiun melalui Dinas Pendidikan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tidak hanya melalui peningkatan fasilitas pembelajaran. Tapi juga, bimbingan dan pelatihan bagi guru agar lebih terampil dalam mengajar.

"Hingga saat ini kami masih terus didampingi oleh Google untuk memberikan pembinaan bagi guru dan meningkatkan kegiatan belajar mengajar terhadap siswa," tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)