Serunya Kejuaraan Bulu Tangkis Kota Pendekar Cup 2024, Diikuti 400 Atlet Lebih, Pertandingan Hingga Sabtu Nanti




MADIUN – Kejuaraan Bulu Tangkis bertajuk Kota Pendekar Cup 2024 resmi dimulai. Kejuaraan yang berlangsung di GOR Wilis tersebut dibuka Wali Kota Madiun, Dr. Maidi, Selasa (27/2). Event badminton tersebut diikuti lebih dari 400 atlet.

‘’Kita bagi jadi dua kategori besar. Pertama ada pembinaan dan kedua kategori rekreasi atau fun game,’’ kata Ketua Panitia, Didik Hariyono.

Kategori pembinaan dibagi beberapa nomor dan kelompok usia. Yakni, nomor tunggal putra, putri, ganda putra, dan ganda putri untuk kelompok pra dini, dini, anak, pemula, remaja, dan taruna. Total peserta yang mengikuti kategori ini ada sebanyak 223 atlet. Mulai dari Kota Madiun hingga daerah sekitar. Event memang untuk wilayah eks karisidenan Madiun.

‘’Sementara untuk rekreasi, kita ada kategori dewasa bebas dan dewasa kategori lokal Kota Madiun. Kategori bebas terbuka untuk se-eks karisidenan Madiun,’’ ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga membuka kategori ganda putra untuk total usia kedua atletnya 90 dan 100 tahun. Selain itu, dalam kejuaraan kali ini juga ada pertandingan ganda putri yang diikuti 18 tim. Didik menyebut pertandingan ganda putri cukup langka. Pun, baru kali ini ada. Sebab, tak banyak pemain putri yang cukup eksis sampai saat ini.

‘’Fokus kita memang untuk pembinaan. Yang rekreasi untuk mewadahi minat dan bakat para atlet-atlet untuk juga bertanding. Kalau ditotal ada 400 lebih peserta,’’ jelasnya.

Didik menyebut kejuaraan Kota Pendekar Cup merupakan agenda di luar kalender event Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Madiun. PBSI memang memiliki event rutin, yakni Kejurkot. Event tersebut dijadwalkan pada Juni mendatang. Karenanya, Kota Pendekar Cup dihadirkan sekaligus untuk mengisi jeda waktu tersebut.

‘’Ini di luar kalender event yang sudah dijadwalkan. Tetapi meski begitu setiap pertandingannya dijamin menarik,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)