Antisipasi DBD, Puskesmas Sukosari Lakukan Pemeriksaan Jentik Nyamuk ke Rumah Warga




MADIUN - Cepat tanggap atas adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di salah satu wilayah, Puskesmas Sukosari langsung melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah-rumah warga yang berada di radius dekat penderita temuan DBD.

Hal itu seperti yang terlihat pada Rabu (28/2). Tim dari Puskesmas Sukosari didampingi dengan kader pemantau jentik (jumantik) melakukan penyelidikan epidemiologi yang dilakukan di 20 rumah sekitar pasien (kasus) yang ada di Jalan Sendang dan Jalan Seram.

“Ada laporan warga yang terkena DBD, kita kroscek ke Dinkes benar ada temuan, lalu kita langsung kunjungan ke rumah pasien untuk melihat apakah di rumah atau di sekitar rumah masih ada temuan jentik nyamuk,” terang Misgi Setyorini Pemegang Program DBD, Puskesmas Demangan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kalau ada temuan terkait jentik nyamuk, pihaknya langsung menyuruh pemilik rumah untuk menguras bak mandi atau sekaligus membuang genangan.

“Seperti ini tadi, di beberapa rumah ditemukan ada jentik nyamuk di bak. Kita langsung suruh kuras, bersihkan. Pokoknya jangan sampai ada air yang mengenangan,” ucapnya.

Misgi mengimbau kepada warga agar jangan lelah melakukan pemberantasan sarang nyamuk. “Kerja bakti setiap minggu itu baik, tapi jangan cuma membersihkan rumput liar saja. Air yang menggenang di botol-botol yang tidak terpakai itu juga harus dibersihkan,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)