Menuju Sekolah Rujukan Google, Dindik Dorong Guru Ikuti Uji Kompetensi Google for Education




MADIUN - Fasilitas pembelajaran seperti laptop dan Wi-Fi gratis saja belum cukup untuk menunjang pendidikan digital di Kota Madiun. Dibutuhkan pendidik dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni agar proses belajar mengajar dapat berjalan optimal.

Karenanya, Dinas Pendidikan Kota Madiun mendorong guru SD dan SMP agar mengikuti uji kompetensi Google for Education untuk meningkatkan keterampilan mengajar dengan media digital.

"Saat ini yang sudah lulus semakin banyak dan nantinya saya harap semua guru bisa lulus sertifikasi," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Dr. Lismawati, Selasa (5/3).

Berdasarkan data Dindik, saat ini ada 20 guru yang telah lulus uji kompetensi level 1. Kemudian, 14 guru lulus uji kompetensi level 2 dan 2 orang lulus uji kompetensi level 3.

Mereka yang telah lulus uji kompetensi pun memiliki tugas tambahan menjadi fasilitator bagi tenaga pendidik lainnya yang akan mengikuti ujian. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak guru yang bisa lulus uji sertifikasi.

Lebih lanjut, Lismawati menuturkan bahwa lulus uji kompetensi menjadi salah satu persyaratan bagi ssekolah di Kota Madiun untuk menjadi kandidat sekolah rujukan Google.

"Sekarang sudah ada empat sekolah rujukan Google. Yakni, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, dan SMPN 13. Ke depannya saya harap semakin bertambah. Begitu pula yang jenjang SD," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)