Tak Perlu Ribet, Urus Perizinan Berusaha Kini Lebih Mudah Lewat Laura Joss




MADIUN - Laura JOSS, yang merupakan akronim dari Lapak UMKM-Kelurahan Jemput OSS terbukti memudahkan pelaku usaha dalam memperoleh nomor induk berusaha (NIB). Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Madiun, tercatat sudah menghasilkan 9.139 perizinan berusaha dari target awal 4.000 di tahun 2023.

“Kita mentargetkan output perizinan usaha 4.000 tapi kita sudah menghasilkan 9.139 perizinan selama 2023 kemarin,” terang Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPMPTSP Kota Madiun FX Iwan Dwi Susanto, Selasa (5/3).

Hal itu tak lepas dari peran dinasnya dalam jemput bola memfasilitasi pelaku usaha untuk memperoleh perizinan berusaha. Digelar setiap bulan sekali. Dengan berkeliling di seluruh Lapak UMKM Kota Madiun. Selain itu, DPMPTSP juga mengajak sejumlah dinas terkait untuk melakukan pembinaan dan mengadakan sosialisasi secara terpadu.

“Di Laura JOSS, masyarakat khususnya pelaku UMKM di lapak dapat berkonsultasi mengenai perizinan, termasuk dengan dinas teknis, selain juga pengurusan NIB,” terangnya saat melakukan pelayanan di Lapak Gedongan sembari mengatakan, dalam pelayanan hari ini menerbitkan 52 izin usaha.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, syarat mendapat NIB cukup mudah. Para pelaku usaha hanya perlu menyiapkan KTP, nomer whatsapp, dan email aktif. Ditambah data usaha yang isinya lokasi, bidang usaha, dan jumlah tenaga kerja.

Terpisah, Puguh, salah warga yang memanfaatkan program Laura Joss merasa terbantu dengan adanya layanan ini. “Cukup terbantu karena syarat yang diminta mudah, jadinya cepat dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor,” tutupnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)