Ternyata Bermain di Ruang Terbuka Baik untuk Tumbuh Kembang Anak Lho




MADIUN - Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Mengajak anak bermain dan berinteraksi di ruang terbuka, ternyata dapat membantu mengembangkan aspek kognitif, motorik, serta bahasa dan sosialnya dengan baik.

Anak-anak, mulai dari usia bawah 5 tahun (balita), disarankan untuk bermain di luar ruangan minimal 1 jam setiap hari. Hal ini penting karena ada banyak hal yang tidak bisa didapatkan hanya dengan bermain di dalam ruangan. Contohnya, kesiapan untuk mengambil risiko dan kemampuan untuk menghargai alam sekitar.

Hal inipun yang mendasari komunitas bermain Little.oilers untuk mengajak anak dan orangtua mengexplore kegiatan di luar ruang tanpa meninggalkan sisi edukasi.

“Setiap kegiatan kita tujuannya supaya anak bisa aktif, kreatif, dan tentunya mengedukasi. Baik orangtua dan anak bisa sama-sama fun,” terang founder Little.oilers, Annissa Fitria Pratiwi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dalam tiap event yang dikerjakan, selalu menyisipkan kegiatan yang melibatkan sensorik, motorik, hingga bagaimana anak agar bersosialisasi dengan lingkungan.

“Setiap event kita memberi kesempatan untuk belajar hal baru. Misalnya saat kita adakan event di Sentani Forest Park, kita ada games lari membawa bola, supermario obstacle dan lain sebaginya,” jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, bermain luar ruang membawa banyak manfaat. Di antaranya adalah membantu perkembangan fisik anak, mengasah keterampilan sosial, hingga mengajari untuk cinta alam.

Melalui komunitas bermainnya ini, dirinya berharap supaya terjalin bounding yang baik antar orangtua dan anak. “Mumpung ini bulan ramadan, biasanya orangtua bingung mau kasih kegiatan apa untuk anak. Mungkin dengan event ini bisa membantu memberikan inspirasi permainan yanh edukatif untuk anak,” pungkasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)