Ragam Inovasi UMKM / IKM Raup Berkah Di Bulan Ramadan (1)




Bluder Cinta Ciptakan Bluder Takjil Hingga Varian Rasa Unik, Tapi Tak Lupa Berbagi

MADIUN - Bulan Ramadan menjadi momen bagi pelaku UMKM dan industri kecil menengah (IKM) untuk meraup pendapatan lebih besar. Terutama, industri kuliner yang dapat dijadikan oleh-oleh khas daerah atau hantaran. Semua berupaya agar produknya bisa semakin menjadi pilihan masyarakat.

Upaya inipun dilakukan oleh Mila Ponia, owner Bluder Cinta. Pada Ramadan tahun ini, Mila membuat inovasi bluder takjil.

"Ukurannya lebih ekonomis dari yang varian reguler. Kami juga sediakan kemasan sesuai budget pelanggan. Ada yang paper bag dan paper bowl," ujar warga Manisrejo itu saat ditemui di pabriknya, Jumat (22/3).

Menurut Mila, bluder takjil ini merupakan inovasi untuk menyiasati awal Ramadan. Biasanya, pada momen ini penjualan oleh-oleh cukup sepi. Sehingga, Mila mencari peluang lain agar produksi tetap berjalan. Apalagi, dirinya memiliki 10 karyawan yang tetap bekerja selama bulan puasa.

Tak hanya itu, usaha kuliner yang dirintis sejak 2019 itu juga menyediakan 17 varian rasa. Yakni, 12 varian rasa standar dan 5 rasa premium.

Adapun lima varian rasa premium itu adalah sambel pecel, abon, tiramisu, choco crunchy, dan matcha. Khusus sambel pecel dan abon, Mila menggandeng UMKM Kota Madiun sebagai partner bisnis.

Selain bluder takjil, Mila juga menyediakan kemasan hampers atau hantaran Lebaran. Isi masing-masing paketnya pun berbeda.

"Kami juga sediakan kardus mulai isi 1, 2, 3, 5, 6, hingga 10 bluder. Menyesuaikan sesuai kebutuhan pelanggan," imbuhnya.

Kendati demikian, sebagai pebisnis Mila tak sekadar mengejar cuan. Selama Ramadan, dirinya juga menggelar bagi-bagi takjil kepada warga sekitar. Yakni, setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

"Alhamdulillah, karyawan antusias dan masyarakat juga menyambut baik," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)