Usai Lebaran Ada Madiun City Festival, Ini Jadwalnya, Jangan Sampai Ketinggalan




MADIUN – Libur lebaran tahun ini telah usai. Kota Madiun cukup berhasil menarik perhatian wisawatan dengan wisata enam negaranya. Ribuan wisatawan tumplek blek di Kota Pendekar selama libur lebaran. Nah, kemeriahan tersebut belumlah usai. Sebaliknya, masih banyak kemeriahan yang akan tersaji dalam waktu dekat ini. Berbagai kegiatan menarik tersebut dikemas dalam Madiun City Festival (MCF).

Madiun City Festival ini sejatinya sudah dimulai sejak awal lebaran kemarin. Yakni, giat gema takbir keliling. Namun, kegiatan lainnya baru dimulai usai libur lebaran. Setidaknya, ada sepuluh kegiatan besar. Baik skala lokal maupun skala nasional.

Skala lokal ada live musik akustik di Pahlawan Street Center (PSC). Giat ini dimulai 16 April sampai 19 April. Selain itu, juga di tanggal 22, 24, 25, dan 28 April. Kegiatan dimulai pukul 18.00 sampai selesai. Pengisinya ada lebih dari tujuh grup musik.

Kemudian ada festival kebaya. Festival ini dijadwalkan 20 April nanti sekaligus menyambut Hari Kartini. Festival ini dipastikan menarik karena juga akan memecahkan rekor MURI. Yakni, Perayaan busana kebaya dengan catwalk terpanjang. Tak heran, lokasinya juga di PSC. Masih di hari yang sama, juga ada parade senja. Untuk parade senja ini akan diisi dari SMPN 11 dan SMAN 2 Kota Madiun.

Kemudian juga ada kegiayan Wali Kota Bersama Rakyat (WBR) dan Jalan Santai. WBR dan Jalan Santai ini berlangsung di tiga kecamatan secara bergantian. Jalan santai gratis ini berhadiah cukup menarik. Yakni, umrah. Kegiatan bernuansa religi juga tak luput dihadirkan. Ada Madiun Bersholawat bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf. Rencananya di Stadion Wilis.

Ada juga kegiatan berskala nasional. Yakni, Karnaval SCTV. Kegiatannya berpusat di Alun-alun Kota Madiun. Ada banyak artis tentunya. Salah satunya, grup band Ungu. Untuk kegiatannya, ada senam massal, bazar UMKM, jalan sehat, kirab budaya, juga kompetisi-kompetisi. Seperti dance dan lomba mewarnai.
Di penghujung ada kirab budaya, atraksi barongsai dan pagelaran wayang kulit. Ketiga kegiatan dijadwalkan pada 28 April nanti. Kegiatan kirab dimulai pukul 13.00. Sementara, atraksi barongsai dimulai pukul 19.00 dan pagelaran wayang kulit mulai pukul 20.00. Kegiatan kirab budaya mengambil start di depan balai kota dan finish di Jalan Merpati. Sementara untuk atraksi barongsai dan pagelaran wayang kulit berlokasi di PSC dan Balai Kota. Nah, itu tadi sejumlah kegiatan di Madiun City Festival. Ayo ramaikan, jangan sampai ketinggalan. (vincent/agi/madiuntoday)