Tularkan Semangat Kartini, SMPN 3 Ajak Siswa Bikin Karya Dengan Tema Kartini




MADIUN - Sosok RA. Kartini merupakan inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Khususnya, bagi kaum perempuan. Namun, kisah inspiratif itu bisa terlupakan jika tidak dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Untuk itu, SMP Negeri 3 Kota Madiun berupaya menjaga warisan Kartini dengan mengajak para siswa agar mengenang tokoh emansipasi perempuan tersebut. Salah satunya, melalui karya tulis.

"Anak-anak dari kelas VII sampai IX hari ini kami beri tugas untuk membuat karya tulis bertema Kartini," ujar Humas SMPN 3 Kota Madiun, Dwi Puspito, Senin (22/4).

Tugas tersebut dapat berupa puisi, pantun, atau tulisan tentang Kartini. Selanjutnya proses pembuatan memanfaatkan aplikasi Canva di Chromebook masing-masing siswa.

Setelah karya jadi, akan dikumpulkan ke wali kelas masing-masing untuk dinilai dan dibukukan. "Hasilnya akan kami taruh di perpustakaan sebagai kenang-kenangan," imbuhnya.

Menurut Dwi Puspito, penting bagi anak-anak untuk mengenang jasa para pahlawan. Termasuk RA. Kartini. Apalagi, SMPN 3 juga dikenal sebagai sekolah Kartini.

"Harapannya, anak-anak bisa terus mengenang jasa beliau dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Selain membuat karya tulis, hari ini seluruh penghuni sekolah mengenakan pakaian adat. Kemudian, melaksanakan upacara dan pembacaan sejarah singkat tentang sekolah Kartini. (Ney/irs/madiuntoday)