Manfaatkan Tanaman Di Lingkungan Sekolah, Guru-Siswa SDN 02 Pandean Ciptakan Dodol dan Cendol Dari Lidah Buaya




MADIUN – Kreasi unik ditampilkan oleh siswa-siswi SDN 02 Pandean dalam event Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Taman Sumber Wangi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5).

‘’Ini dodol dan cendol dari lidah buaya,’’ ujar Carrissa Aisya Meddy, siswi kelas 5 SDN 02 Pandean saat ditemui dalam event Gelar Karya P5 di Taman Sumber Wangi.

Dengan uletnya, Carrissa mengaduk adonan berwarna putih di atas kompor. Setelah mengental, adonan akan dibiarkan dingin. Lalu, diberi pewarna.

Guru kelas 6 SDN 02 Pandean, Riska Ayu Permata Putri menuturkan bahwa pembuatan dodol dari lidah buaya cukup mudah. Sehingga, dapat dipraktekkan oleh para siswa. Yakni, lidah buaya yang sudah tua dikupas dan dipotong. Kemudian, direndam dengan air kapur sirih selama satu hari. Selanjutnya, lidah buaya akan diblender dan dimasak dengan tambahan gula, tepung ketan, garam, dan santan.

Setelah medidih dan mengental, adonan diberi pewarna agar semakin cantik. ‘’Kami menggunakan daun suji untuk warna hijau atau bunga telang untuk warna ungu,’’ jelasnya.

Menurut Riska, penggunaan lidah buaya bukan tanpa alasan. Tanaman tersebut cukup mudah ditanam oleh masyarakat. Selain itu, lidah buaya juga tumbuh subur di halaman sekolah mereka.

‘’Jadi sesuai dengan namanya Bertali. Berkah tanaman lidah buaya dari taman kami sendiri,’’ imbuhnya.

Selain dodol dan cendol, sejumlah produk lain telah diciptakan warga SDN 02 Pandean sejak 2023. Yakni, ada permen lidah buaya, serbuk lidah buaya, dan teh lidah buaya. Riska mengungkapkan, banyak manfaat dari produk lidah buaya ini. seperti antikanker, antioksidan, memperlancar sistem pencernaan, dan mencegah perut kembung. (WS Hendro/irs/madiuntoday)