Skrining Kesehatan Lebih Mudah, Lewat Mobile JKN Saja




MADIUN – Masyarakat yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan secara mandiri tentu sudah tak asing lagi dengan Mobile JKN. Yakni, aplikasi layanan online yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi dan layanan administrasi kepesertaan yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Namun, rupanya aplikasi Mobile JKN memiliki lebih banyak manfaat lho. Salah satunya, untuk skrining riwayat kesehatan.

‘’Layanan Skrining Kesehatan ini bisa dimanfaatkan oleh peserta dengan minimal usia 15 tahun,’’ ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Madiun, Wahyu Dyah Puspitasari, Selasa (7/5).

Caranya pun cukup mudah. Peserta yang sudah memiliki aplikasi Mobile JKN tinggal mencari fitur Skrining Riwayat Kesehatan. Kemudian, pilih nomor kartu BPJS Kesehatan. Setelah itu, jawablah pertanyaan sesuai dengan kebiasaan harian peserta. Setelah menjawab, hasil skrining akan ditampilkan. Termasuk, resiko penyakit yang mungkin diderita peserta.

‘’Harus jujur mengisinya. Sehingga, hasil skrining benar-benar menunjukkan kondisi kita saat ini,’’ tegasnya.

Jika dari hasil skrining terdapat resiko penyakit tertentu, maka BPJS Kesehatan akan mengarahkan peserta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan. Sehingga, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut.

‘’Di aplikasi Mobile JKN juga ada fasilitas antrean online untuk memudahkan peserta yang ingin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan pertama atau lanjutan. Sehingga, tidak perlu antre sejak pagi. Tinggal datang sesuai jam yang sudah ditentukan,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)