Berangkatkan Takbir Keliling Idul Adha, Pj Wali Kota: Takbir Keliling Budaya Kita




MADIUN – Perayaan Idul Adha terasa meriah di Kota Madiun. Gema takbir berkumandang di seantero daerah. Apalagi, Pemerintah Kota Madiun juga menggelar takbir keliling, Minggu (16/6). Takbir keliling Idul Adha itu diberangkatkan langsung Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto. Mengambil start di depan kawasan Pahlawan Religi Center (PRC), kegiatan diikuti puluhan kendaraan. Mereka terdiri dari perwakilan instansi sekolah, instansi keagamaan, hingga masyarakat. Pj Wali Kota Eddy pun berpesan untuk selalu mengedepankan keamanan dan kehati-hatian dalam pelaksanaan takbir keliling tersebut.

‘’Saya sampaikan kepada petugas terutama sopir peserta takbir keliling untuk berhati-hati,’’ kata Pj wali kota.

Takbir keliling, kata Pj wali kota, sudah merupakan tradisi budaya negeri ini. Karenanya, Pemkot Madiun terus berupaya melestarikan budaya tersebut. Selain itu, mengumandangkan takbir merupakan salah satu amalan besar. Melalui gelaran takbir keliling tersebut, Pemerintah Kota Madiun ingin mengajak masyarakat untuk mencari amalan-amalan baik.

‘’Seperti yang disampaikan pak kyai tadi, mengumandangkan takbir merupakan amalan baik. Kita ingin mendekatkan itu kepada masyarakat melalui kegiatan ini,’’ ungkapnya.

Pj wali kota menambahkan kegiatan diharap juga bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Apalagi, tak dipungkiri ada banyak masyarakat Kota Madiun yang melakukan mudik Idul Kurban ini. Mereka yang pulang kampung tersebut bisa merasakan suasana Idul Adha yang meriah.

‘’Banyak yang mudik juga. Semoga ini bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat,’’ harapnya.

Kegiatan takbir keliling tersebut mengambil rute sejumlah jalan protokol di Kota Pendekar dan finish di depan SMPN 2 Kota Madiun. Kegiatan takbir keliling juga mengemuka di Kota Madiun saat Idul Fitri lalu. Kegiatan berhasil membangun suasana yang khidmat nan religius di Kota Pendekar. (ney/agi/diskominfo)