MADIUN – Kota Madiun makin cocok sebagai ‘Kota Gadis’, Perdagangan dan Industri. Ini karena di bidang industri, Pemkot Madiun baru saja mendapatkan Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan sendiri oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri kepada Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, setelah Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2018, Jumat (12/1/2018).

Penghargaan Pembina K3 ini diberikan kepada 10 kabupaten/kota lain di Jawa Timur yang merupakan daerah-daerah industri besar atau memiliki industri besar dan telah melaksanakan pembinaan K3 di daerahnya sehingga bisa menekan angka kecelakaan di perusahaan-perusahaan di wilayahnya. Di antaranya adalah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Suyoto Hardjo Wiyono mengatakan, penghargaan ini bisa diraih karena Pemkot Madiun telah melaksanakan sejumlah kegiatan terkait pelaksanaan K3 di perusahaan-perusahaan di Kota Madiun.

“Kami memang secara intensif telah melaksanakaan berbagia kegiatan terkait K3 ini. Seperti Bimtek (Bimbingan Teknis) K3, Sosialisasi Norma Kerja, Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS di perusahaan-perusahaan di wilayah kerja kita. Kita cukup intensif untuk hal itu (pelaksanaan K3),” ungkap Suyoto.

Suyoto menambahkan, kesungguhan ini juga bisa dilihat dari penyelenggaraan Diklat Ahli K3 yang didanai APBD pada tahun 2016 lalu. Namun sayangnya hal ini tidak bisa lagi dilaksanakan pada 2017 dan 2018 ini sebab kewenangan untuk pelaksanaan diklat ini telah diambil alih oleh pemerintah tingkat provinsi.

Menteri Hanif Dhakiri yang menjadi inspektur upacara meminta seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk terus memberikan perhatian pada pelaksanaan K3 di industri yang dibinanya. Kebakaran dan ledakan pabrik petasan di Kosambi, Tangerang, Banten; ambruknya kostruksi tol di Pasuruan, Jawa Timur; dan kebakaran hebat di sejumlah pabrik di Indonesia adalah peristiwa kecelakaan kerja yang harus menjadi perhatian seluruh pihak.

Selain kepada 10 kepala daerah, Menaker Hanif Dhakiri juga menyerahkan Penghargaan Zero Accident dan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) kepada 389 perusahaan dari dari seluruh Indonesia.

Satu lagi guys, hindari membeli rokok ilegal. Rokok ilegal adalah rokok tanpa pita cukai, dipasangi pita cukai palsu atau berpita cukai yang bukan peruntukannya.

Cukai adalah pungutan negara untuk barang-barang tertentu yang memiliki dampak negatif bagi kehidupan dan perlu pungutan demi keadilan. Perlu diketahui, sebagian cukai yang terbayar dananya akan kembali ke daerah-daerah dengan nama Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT).

DBH-CHT bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan meningkatkan fasilitas kesehatan masyarakat sampai meningkatkan keterampilan kerja masyarakat dan untuk pembangunan infrastruktur.
(wshendro,rahmads,dey/diskominfo)