MADIUN – Curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi di wilayah Jawa Tengah, khususnya di daerah Brebes, sehingga kali Gangsa meluap di beberapa desa dan menyebabkan terjadinya banjir pada jalur KA, di km 155 + 4/9 lintas Brebes-Tegal tepatnya desa Krandon kelurahan Krandon Kec. Margadana. Banjir ini menyebabkan operasional kereta lintas tersebut, mengalami gangguan.

Untuk sementara jalur KA tidak dapat dilewati sejak pukul 10.15 pada Senin (12/2/2018), dikarenakan rel terendam air sepanjang 200 m di jalur hulu dan di jalur hilir menjadikan gogos atau landasan batu kricak hanyut terbawa derasnya air di lima titik yang kedalamannya mencapai 1m dan panjang gogosan masing2 hingga 3 meter.

PT INKA dan sebelahnya Stasiun Kota Madiun.

“Antisipasi untuk menekan kelambatan telah dilakukan oleh PT KAI Daop 3 Cirebon dan Daop 4 Semarang, dengan pengalihan jalur KA atau jalan memutar dari Cirebon Prujakan ke arah selatan via Ciledug hingga Prupuk dan selanjutnya lewat Slawi, Tegal dan masuk ke lintas utara kembali,” ungkap Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Supriyanto dalam pers rilisnya Selasa (13/2/2018).

Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Supriyanto

Pada pukul 21.30 jalur sudah dapat dilalui perjalanan KA dengan kecepatan terbatas 20 km/jam. Dari pantauan PT KAI, beberapa perjalanan kereta api dari Jakarta menuju wilayah Daop 7 Madiun, yang melewati daerah Brebes-Tegal-Semarang mengalami keterlambatan.

Di antaranya :
1. KA 56 (Bangunkarta) relasi Gambir-Semarang-Madiun-Surabaya masuk stasiun Madiun terlambat 126 menit. Seharusnya tiba di stasiun Madiun jam 01.04 menjadi jam 03.10 WIB.
2. KA 172 (Matarmaja) relasi Jakarta Pasar Senen-Semarang-Madiun-Malang mengalami keterlambatan 109 menit. Seharusnya masuk Madiun 02.54. masuk Madiun menjadi 04.36 WIB.
3. KA 176 (Brantas) relasi Jakarta Pasar Senen-Semarang-Madiun-Blitar terlambat 218 menit, dari jadwal masuk Madiun jam 04.50, diperkirakan tiba di stasiun Madiun jam 08.30 WIB.
4. KA 142 (Majapahit) relasi Jakarta Pasar Senen-Semarang-Madiun-Malang terlambat 201 menit. Jadwal seharusnya tiba di stasiun Madiun jam 05.19, diperkirakan akan tiba di stasiun Madiun jam 08.57 WIB.

Baca juga:   Waspada Peningkatan Potensi Hujan Lebat Dan Gelombang Tinggi di Akhir Pekan

“PT KAI tetap mengutamakan keselamatan perjalanan KA dan melakukan langkah-langkah untuk segera menormalisasi perjalanan KA, dan kami mohon maaf atas keterlambatan perjalanan KA-KA tersebut karena imbas banjir di wilayah Brebes,” pungkas Supriyanto.

Bila kondisi belum membaik, kemungkinan keterlambatan akan kembali terjadi. Namun sejumlah langkah telah diambil untuk mengatasi keadaan ini.

Satu lagi guys, hindari membeli rokok ilegal. Rokok ilegal adalah rokok tanpa pita cukai, dipasangi pita cukai palsu atau berpita cukai yang bukan peruntukannya.

Cukai adalah pungutan negara untuk barang-barang tertentu yang memiliki dampak negatif bagi kehidupan dan perlu pungutan demi keadilan. Perlu diketahui, sebagian cukai yang terbayar dananya akan kembali ke daerah-daerah dengan nama Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT).

DBH-CHT bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan meningkatkan fasilitas kesehatan masyarakat sampai meningkatkan keterampilan kerja masyarakat dan untuk pembangunan infrastruktur.
(wshendro,dey/diskominfo)