Foto: Istimewa

MADIUN – Perjalanan kereta api yang sempat terganggu lantaran kecelakaan KA Sancaka dengan truk trailer bakal kembali lancar. Proses evakuasi tiga gerbong, satu lokomotif serta bangkai truk trailer dan satu mobil yg terlibat kecelakaan telah selesai, Sabtu (7/4/2018) malam. Pun, perbaikan jalur sudah dilakukan.

“Proses evakuasi selesai sekitar pukul 21.30. Sedang, perbaikan relnya selesai sekitar satu jam setelahnya, “ kata Manager Humas KAI Daop 7 Supriyanto, Minggu (8/4/2018) pagi.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan uji coba. Rel yang rusak di sekitar perlintasan liar antara stasiun Kedungbanteng-Walikukun Desa Sambirejo, Mantingan, Ngawi itu langsung digunakan untuk jalur crane sebagai uji coba. KA Malioboro Express menjadi kereta pertama yg melintas usai perbaikan. Kereta melintas lancar pukul 01.19. Begitu juga dengan kereta-kereta selanjutnya. Baik dari arah barat maupun timur.

“Prinsipnya KAI memastikan kondisi jalur aman terlebih dahulu, sebelum dilalui oleh perjalanan KA seperti biasanya. Pastinya akan terus kami pantau,“ terangnya.

Seperti diberitakan, kecelakaan maut itu terjadi pada Jumat (6/4/2018) sekitar pukul 18.30. KA Sancaka yang berangkat dari Jogja dengan tujuan akhir Surabaya itu terlibat kecelakaan dengan truk trailer di perlintasan liar. Kerasnya benturan mengakibatkan tiga gerbong dan satu lokomotif rusak selain truk trailer yang tak terbentuk. Kecelakaan juga mengakibatkan kerusakan rel. Satu mobil avanza yang terparkir di dekat lokasi kejadian turut mengalami kerusakan berat lantaran tersapu material kecelakaan.

Baca juga:   Kisah Dito, Manfaatkan Berjualan Takjil untuk Belajar Sekaligus Tambah Uang Jajan

Akibat kecelakaan ini, masinis KA tersebut meninggal dunia dan empat orang lain luka-luka. Kecelakaan juga mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta dibatalkan. PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA akibat kecelakaan KA Sancaka tersebut. (agi/diskominfo)

Jaga terus keamanan dan ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Patuhi juga aturan cukai. Terdapat tiga barang wajib cukai yang beredar di tanah air. Hasil tembakau, etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi kepada negara.