MADIUN – Hari Raya Idul Fitri masih dua bulan lagi. Meski demikian, para pemudik sudah bersiap memesan tiket untuk pulang ke kampung halaman. Salah satunya, dengan moda transportasi kereta api.

Menanggapi hal tersebut, PT KAI (Persero) menyiapkan 20 kereta api tambahan. Dengan total 40 perjalanan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2018. Tiket tambahan berkapasitas 23.752 tempat duduk itu bisa dipesan sejak Senin (16/4) pukul 00.01 WIB.

Sebagian besar kereta tambahan beroperasi pada 8-25 Juni. Namun, ada beberapa KA yang beroperasi lebih awal. Contohnya, KA Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium yang mulai beroperasi sejak 5 Juni.

Pemesanan KA tambahan dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, dan website serta mobile apps yang dikelola oleh mitra PT KAI.

Tak hanya itu, tahun ini PT KAI juga menyediakan jasa pengangkutan sepeda motor gratis bagi pemudik yang menggunakan kereta api. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan RI. ‘’Pendaftaran secara online dibagi dalam dua tahap,’’ ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto.

Pendaftaran tahap pertama yakni 9 Februari-9 Mei 2018. Kemudian, dilanjutkan pendaftaran tahap kedua untuk perjalanan contra flow (sebaliknya) pada 9 Mei-24 Juni 2018 di stasiun persinggahan KA motor gratis (motis) di daerah.

Baca juga:   Jalur Tegal-Brebes Kebanjiran, KA Ke Madiun Alih Jalur

Supriyanto menuturkan, pendaftaran dibuka selama kuota masih tersedia. Kementerian Perhubungan juga menyediakan posko pendaftaran di masing-masing stasiun yang disinggahi.

Persyaratan pendaftaran KA motis antara lain membawa STNK, SIM, KTP, dan KK asli serta fotokopi. Pengguna juga diminta mengisi formulir pendaftaran.

Sementara itu, syarat untuk motor yakni Kaca spion motor dilepas dulu oleh pemilik, tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada motor, harus ada penyangga atau standar tengah, serta dilengkapi pegangan di bagian belakang. ‘’Sebelum pengangkutan, tangki BBM dipastikan kosong dan kunci sepeda motor diberikan kepada petugas,’’ imbuhnya.

Stasiun tujuan pengiriman motor di wilayah DAOP 7 Madiun yaitu Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Blitar. Rangkaian kereta api angkutan motor gratis ini terdiri dari 8 B (kereta barang) dengan kapasitas 1 B maksimal 58 motor. Total motor yang bisa diangkut sebanyak 464 motor dalam 1 rangkaian KA Motis. (WS. Hendro, irs)

Jaga terus kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.