MADIUN – Menghadapi momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, posisi anggota TNI diminta untuk tetap netral. Meski dalam pesta demokrasi rakyat tersebut ada sebagian purnawirawan TNI yang terlibat.

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI, Marseka TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Komandan Batalyon Komando 463 Paskhas Letkol Pas Sigit Sasongko selaku inspektur upacara bendera 17-an di Batalyon Komando 463 Paskhas, Selasa (17/4).

Hadi menuturkan, TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara dan mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat. ‘’Keikutsertaan beberapa purnawirawan TNI dalam pilkada tidak boleh memengaruhi netralitas prajurit,’’ ujarnya.

Partisipasi purnawirawan memang menunjukkan adanya penghargaan masyarakat terhadap mereka. Sekaligus, wujud partisipasi aktif dalam politik setelah kembali ke tengah-tengah warga. ‘’Namun, tidak boleh menyeret TNI ke kancah politik praktis,’’ imbuhnya.

Tak hanya itu, Hadi juga mengingatkan tantangan yang akan dihadapi anggota TNI dalam waktu dekat. Yakni, pilkada serentak di 171 daerah di Indonesia. Para prajurit diminta untuk tetap menjalankan kewajibannya. “Tugas TNI untuk mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi, tidak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral,” tegasnya.

Baca juga:   Modern, Komplotan Ini Pakai Google Street untuk Petakan Sasaran Pencurian

Hadi menambahkan,prajurit TNI harus bisa membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat. Caranya, dengan tidak ikut meneruskan atau menyebarkan isu-isu tidak jelas yang dibuat oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Apabila masyarakat meminta konfirmasi, sampaikan penjelasan yang tidak memperkeruh suasana. “Jelaskan bahwa saat ini masyarakat harus lebih dewasa dalam bersikap di media sosial, karena kegaduhan yang timbul justru akan merugikan masyarakat sendiri,” katanya.

Upacara bendera 17-an diikuti oleh seluruh pejabat serta personel Lanud Iswahjudi dan Insub. Selain Letkol Pas Sigit Sasongko, Kapten Pas Basir Sudibyo yang sehari-hari menjabat Pasiops Batalyon Komando 463 Paskhas bertindak sebagai komandan upacara. (irs)

Jaga terus ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun