MADIUN – Ada yang menarik perhatian di salah satu stan Madiun Motor Fest 2018, Sabtu (12/5). Apalagi kalau bukan Johan Arinda Mukti yang sedang unjuk keterampilan. Dengan hati-hati dia melukis tangki motor custom berwarna silver.

Seni lukis berbentuk tulisan “Too Much Love Will Kill You” itu dikerjakannya selama tiga jam. Johan memulainya dengan menggoreskan pensil kapur sebagai dasar desain. Beberapa kali dia menghapus bagian yang tidak sesuai. Setelah dirasa cocok, baru dia mulai menggunakan cat.

“Ini pakai cat jenis enamel yang biasa untuk besi dan kayu,” ungkapnya sambil menggoreskan cat berwarna putih itu. Johan melukis dengan sabar. Tak satupun goresan yang melenceng. Hasilnya pun rapi.

Tak hanya itu, sebagai pemanis dia menambahkan warna merah untuk memberikan efek bayangan pada tulisan. Cat merah dioleskan dengan kuas yang ukurannya lebih kecil.

Masih belum selesai, sebagai sentuhan terakhir Johan menuliskan inisial namanya di bagian bawah. “Ini bacanya cuts. Maksudnya singkatan nama panggilan saya, kancuts,” terangnya.

Pria kelahiran Madiun 8 Juni 1991 itu mengaku suka menggambar sejak kecil. Lulus SMA, dia melanjutkan pendidikan di Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta. Selama kuliah, dia sudah memulai bisnis gambar dan lukisan.

Baca juga:   Fano, Atlet Taekwondo Cilik Berbakat Kota Madiun

Di Madiun, Johan bergabung dengan Madiun Street Art Crew (MSAC). Biasanya mereka menghias tembok-tembok Kota Madiun dengan seni grafiti. Bisnisnya pun akhirnya berkembang menjadi custom motor. “Desain bisa dari saya atau dari customer,” ujarnya.

Sekali menghias, pria yang memiliki workshop di Jalan Campursari itu menerapkan tarif Rp 300 ribu – 500 ribu. Tergantung dari banyaknya tulisan atau tingkat kesulitan gambar.

Bagi Johan, inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya internet. Dari media sosial juga dia mendapatkan pengalaman untuk berkolaborasi dengan seniman dari Amerika Serikat, Evoker. Hasil kolaborasi itu dijadikan stiker. “10 dollar dapat 1 pack. Isinya 10 stiker,” kata seniman dengan karakter andalan Plengeh itu. (dhevit, irs/madiuntoday)

Jaga terus kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.