MADIUN – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menanggulangi angka kecelakaan di jalan menjelang Lebaran 2018. Salah satunya dengan menggelar mudik gratis. Tahun inipun, pemerintah melalui Kementerian BUMN menggelar kegiatan serupa.

Salah satu moda transportasi yang menyelenggarakan mudik gratis adalah kereta api. Tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 1520 penumpang. ‘’Ini merupakan bentuk kepedulian PT KAI kepada masyarakat,’’ tutur Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto, Senin (14/5).

Pendaftaran program mudik bareng KAI sudah dapat diakses sejak 14 Mei 2018 melalui situs mudikbarengbumn.kai.id atau mudikbareng.co.id mulai pukul 13.00. PT KAI menyediakan tujuh perjalanan kereta api selama tiga hari.

Adapun kereta api yang ditunjuk adalah KA Kertajaya Lebaran relasi Stasiun Pasarsenen-Stasiun Surabaya Pasar Turi untuk keberangkatan 5, 6, dan 7 Juni 2018. Kemudian, KA Brantas Lebaran relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Blitar dengan waktu keberangkatan 5, 6, dan 7 Juni 2018. Serta, KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Kutoarjo yang berangkat pada tanggal 7 Juni 2018.

Baca juga:   Walikota Minta OPD Kembangkan Aplikasi Pelayanan Online

Program ini berlaku bagi seluruh masyarakat, kecuali pegawai PT KAI (Persero). Satu peserta hanya boleh mendaftar dalam satu kali perjalanan. Peserta juga bisa mendaftarkan anggota keluarganya yang masih dalam satu KK. Maksimal, 10 anggota keluarga. ‘’Tidak boleh mendaftarkan orang lain di luar KK,’’ imbuhnya.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta yang lolos verifikasi dari PT KAI akan mendapatkan sms atau email terkait waktu dan lokasi daftar ulang. Calon peserta mudik membawa KTP dan KK sebagai salah satu syarat daftar ulang.

Supriyanto berharap, program mudik gratis dapat mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya. Terutama, selama masa mudik Lebaran 2018. ‘’Segera manfaatkan kesempatan ini,’’ tandasnya. (Dhevit, irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.