MADIUN – Penanaman karakter anak-anak dapat dimulai dari lingkup keluarga. Sebaliknya, rusaknya karakter generasi penerus bangsa ini juga dapat berawal dari problematika dalam rumah tangga. Permasalahan di dalam keluarga ini penting untuk segera tersolusikan. Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) Kota Madiun getol memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam membangun keluarga sehat sejahtera. Seperti apa?

Merujuk revisi peraturan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 19/2017 tentang penyelenggaraan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera, Pusyan Gatra berperan mendekatkan akses keluarga dan masyarakat terhadap pelayanan program kependudukan, keluarga berencana maupun pembangunan keluarga.

‘’Ini merupakan wadah kegiatan terpadu yang mudah diakses masyarakat,’’ kata Kepala Seksi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun Ana Wijayanti.

Pusyan Gatra memang binaan Dinkes dan KB kota setempat. Forum bukan sekedar sosialisasi pengendalian laju pertumbuhan penduduk. Namun, sudah menyentuh penyelesaian permasalahan internal keluarga. Ini penting lantaran permasalahan lingkup tatanan terkecil ini dapat memicu rusaknya karakter anak yang menjadi bagian keluarga. Padahal, pembentukan karakter penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

‘’Permasalahan ditingkat keluarga ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab, berkaitan dengan pembentukan karakter anak sebagai generasi penerus bangsa. Rusaknya karakter dapat berawal dari problematika di dalam keluarga yang tak terpecahkan,’’ jelasnya sembari menyebut dapat menjadi awal kehancuran suatu bangsa jika dibiarkan.

Kegiatan dalan Pusyan Gatra sengaja dirangkai menarik. Salah satunya, dengan pelayanan keluarga yang dilaksanakan dalam bentuk Komunikasi Informasi Edukasi (KIE). Selain itu, terdapat pembinaan serta rujukan masalah kesehatan. Harapkannya, Pusyan Gatra menjadi sahabat bagi masyarakat. Ana menyebut Pusyan Gatra juga melayani pembinaan usaha ekonomi keluarga dan pengembangan kemitraan.

‘’Untuk warga yang ingin memiliki usaha seperti home industri atau ingin dibantu mengembangkan usaha kecilnya bisa berkonsultasi dengan kami,’’ terang Ana.

Pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga menjadi salah satu sasaran Pusyan Gatra. Warga yang membutuhkan bantuan dalam hal usaha bakal dimasukkan dalam kelompok usaha ekonomi keluarga melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS). Lewat pengembangan UPPKS ini, warga mendapat pelatihan ketrampilan, pengemasan produk, hingga pemasaran. Harapannya, agar kelompok warga yang tergabung dalam UPPKS bisa bersinergi dalam mencapai tujuan.

‘’Tidak sampai disitu kami juga membentuk asosiasi berbadan hukum bernama AKU (Asosiasi Kelompok UPPKS). Asosiasi ini diharapkan lebih mempermudah kelompok dalam menjalankan usahanya,’’ imbuhnya.

Ketua AKU Kota Madiun Suparmi Widodo berharap AKU bisa menjadi salah satu instrument program untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja. Beragam jenis usaha sudah dinaungi AKU. Mulai industri rumahan seperti makanan ringan, jajanan khas Kota Madiun, batik serta aneka ragam kerajinan tangan. Pormosi juga dilakukan. Salah satunya, pameran produk unggulan. Terdekat, pameran bakal dilaksanakan 4 hingga 9 Juni 2018 di sekretariat Pusyan Gatra.

Baca juga:   Bau Mulut Berlebih Saat Puasa, Atasi dengan Cara Mudah Ini…

‘’Pertemuan rutin tiap dua bulan sekali untuk tingkat kecamatan dan setiap tiga bulan untuk pertemuan AKU tingkat kota,’’ jelas Suparmi.

Pendampingan dibidang ekonomi masyarakat ini penting dilakukan. Sebab, ekonomi kerap menjadi pemicu permasalahan dalam keluarga. Menjadi akar pertengkaran. Dampaknya beragam. Bahkan, hingga berujung kekerasan hingga perceraian. Anak menjadi korban. Pendidikan karakter yang seharusnya didapat anak dari keluarga terabaikan. Cerita selanjutnya mudah ditebak. Kenakalan remaja, putus sekolah, miras, narkoba hingga tindak kriminalitas.

‘’Sudah banyak cerita tentang kenakalan remaja yang berawal dari keluarga tidak harmonis. Ini bisa merusak generasi bangsa kalau dibiarkan terus menerus,’’ ungkapnya sembari menyebut pusyan Gatra juga melayani data dan informasi Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), konseling keluarga balita, remaja, lansia, konsultasi pranikah serta konseling KB, dan kesehatan reproduksi.

Sutarti, salah seorang konselor KB di Pusyan Gatra menyampaikan warga juga bisa mendapat informasi tentang metode dan pemilihan alat kontrasepsi yang aman dan benar. Pihaknya menyediakan klinik khusus untuk pelayanan medis KB tersebut. Warga mendapat pelayanan KB secara gratis. Mulai pemasangan IUD, implant dan suntik. Sutarti menyebut program ini membawa Pusyan Gatra Kota Madiun mendapatkan juara pertama lomba Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) tingkat Nasional 2015 lalu.

‘’Ini terus memacu kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik,’’ ungkapnya.

Sutarti menambahkan, masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang masalah keluarga, ekonomi, KB dan KR dapat datang langsung di sekretariat Pusyan Gatra di Jalan Diponegoro 22 atau gedung Puskesmas Oro-Oro Ombo lama. Pelayanan buka Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

‘’Bagi warga yang ingin mendapat pelayanan dan konseling KB bisa datang pada hari Selasa dan Kamis,’’ jelas Sutarti.

Sedang, konseling keluarga bisa berkunjung pada Senin dan Rabu. Konsultasi bakal dilayani konselor yang juga psikiater professional. Pihaknya juga melayani konsultasi melalui sambungan telepon di nomor 081335632511. Sutarti berharap program Pemerintah Kota Madiun secara gratis ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Harapannya, terwujud keluarga bahagia sehat sejahtera serta mendapat solusi atas permasalahan yang dihadapi. (rere/agi/kominfo)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi padanegara dan masyarakat.