MADIUN – Peredaran minuman keras dan aksi premanisme di Kota Madiun semakin dapat ditekan. Buktinya, petugas berhasil mengamankan 663 liter minuman keras (miras) jenis arak jowo (arjo) selama Operasi Pekat Semeru yang berakhir 1 Juni lalu. Petugas juga berhasil menindak 19 aksi premanisme di kota pecel dalam Ops yang dimulai 21 Mei tersebut.

‘’Total terdapat 74 kejadian yang berhasil kami ungkap selama gelaran operasi,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu saat press release hasil Ops Pekat Semeru di halaman polres setempat, Rabu (6/6/2018).

Ratusan liter arjo tersebut berhasil diamankan dari 34 tindakan yang dilakukan petugas. Kasus penyalahgunaan miras tergolong tinggi. Sebab, miras menjadi salah satu atensi utama gelaran Ops Pekat Semeru. Tebukti dari jumlah kejadian yang mningkat dibanding gelaran serupa tahun lalu. Nasrun menambahkan, pihaknya juga berhasil mengamankan 15 kasus prostitusi dan lima perjudian.

‘’Dari gelaran operasi kami berhasil mengamankan lima tersangka kasus perjudian dan penyalahgunaan narkoba,’’ terangnya sembari menyebut terdapat satu kasus narkoba dengan barang bukti 0,2 gram sabu-sabu.

Operasi pekat, kata dia, memang diprioritaskan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Mulai peredaran miras, perjudian, portitusi, hingga narkoba. Ini penting untuk menjaga kekhidmatan ibadah bulan puasa.

Baca juga:   Prihatin Bom Surabaya

Nasrun menyebut pengawasan tetap dilakukan kendati Ops Pekat Semeru telah berakhir. Salah satunya, dengan gelaran Ops Ketupat Semeru. Bahkan, sasaran ditingkatkan. Titik kerawanan lalu lintas juga menjadi perhatian. Nasrun mengaku kamtibmas selama perayaan dan libur lebaran menjadi prioritas pihaknya.

‘’Prinsipnya kami siap melakukan pengamanan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Jaga terus ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.