MADIUN – Lebaran musim yang sibuk. Musim dimana nyaris semua orang beraktivitas diwaktu yang hampir bersamaan. Arus lalu lintas menjadi padat. Kemacetan dimana-mana. Sebagian lainnya menjadi sepi lantaran ditinggal pemiliknya. Ini menjadi sasaran empuk aksi kejahatan. Berbagai kegiatan itu berpotensi terjadinya kejadian. Mulai kecelakan, pencurian, atau kehilangan.

Ironisnya, sebagian orang sibuk dengan urusan masing-masing. Masyarakat tidak perlu bingung. Pemerintah mengeluarkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Aplikasi ini sejatinya sudah diluncurkan sejak 2013 lalu. Namun, tiada salahnya kembali diingatkan. Apalagi, layanan cukup komplit. Dapat melaporkan segala macam bentuk kejadian. Pun, bersifat dua arah. Artinya, laporan yang dikirim bakal mendapat respon segera. Petugas bakal langsung meneruskan laporan yang dimaksud kepada instansi terkait di daerah kejadian.

Bagaimana cara mengakses LAPOR?
Masyarakat cukup mengakses situs web www.lapor.go.id atau melalui layanan pesan singkat di 1708. Aplikasi ini juga dapat melalui sistem operasi smartphone. Tinggal download aplikasinya di masing-masing play store untuk android atau app store untuk yang berbasis Ios sistem seperti Iphone. Install aplikasi dan ikuti petunjuk pelaporan di dalamnya. Mudah bukan.

Baca juga:   Jadi Moderator Dialog, Sekda Maidi Malah Mengocok Perut Hadirin

Masyarakat tidak perlu khawatir soal biaya. Penggunaan LAPOR tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya, bagi yang melapor melalui layanan pesan singkat dikenakan biaya SMS (short message service) normal tergantung masing-masing operator pengguna. Pelapor juga dikenakan biaya SMS untuk balasan otomatis kali pertama. Sedang, untuk setiap notifikasi berikutnya tidak dikenakan biaya.

LAPOR telah terhububg dengan 80 kementerian dan lembaga. Setiap laporan yang masuk bakal segera ditindaklanjuti. So, tiada salahnya mencoba. Apalagi, ini gratis. Bagi sahabat madiuntoday yang mudik tahun ini, jangan lupa untuk terus jaga kesehatan. Jangan memaksakan diri di jalan raya. Segera beristirahat jika rasa capek melanda. Selain itu, jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Yakni, rokok polos alias tanpa pita cukai, berpita cukai palsu atau berpita cukai bukan peruntukkannya. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.