MADIUN – Keamanan di Kota Madiun bakal lebih terjaga. Pasalnya, keterlibatan masyarakat cukup aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban tersebut. Paling tidak dilingkungan masing-masing. Pos keamanan lingkungan (poskamling) masing-masing rukun tetangga (RT) di Kota Madiun cukup aktif. Bukan hanya itu, fasilitas keamanan dalam posko juga lengkap.

Buktinya, Polres Madiun Kota cukup kesulitan saat penilaian lomba Poskamling yang digelar beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah poskamling yang menjadi peserta cukup bersaing ketat. Mulai kelengkapan administrasi, fasilitas, keaktifan dalam berjaga, serta sistem komunikasi jika terjadi permasalahan.

Poskamling Rt 27/Rw 06 Kelurahan Mojorejo tampil sebagai yang terbaik. Posisi kedua, jatuh kepada Poskamling Rt 34/Rw 07 Kelurahan Oro-Oro Ombo. Sedang, Poskamling Rt 06/Rw 02 Desa Kajang, Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun menempati posisi ketiga. Wilayah Kecamatan Sawahan dan Jiwan Kabupaten Madiun memang wilayah hukum Polres Madiun Kota.

Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto mengapresiasi langkah Polres Madiun Kota tersebut. Menjaga keamanan, kata dia, memang bukan hanya peran Kepolisian dan TNI. Namun, juga masyarakat. Lomba dapat merangsang peran serta masyarakat agar lebih aktif. Ini penting lantaran masyarakat sejatinya sebagai garda terdepan. Bersentuhan langsung dengan permasalahan keamanan dilingkungan.

‘’Lomba semacam ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat. Paling tidak di lingkungan masing-masing,’’ ujarnya.

Lomba, lanjutnya, bukan kali ini digelar. Pemkot melalui Satpol PP juga pernah menggelar lomba serupa. Panitia juga cukup kesulitan saat penilaian. Peserta menampilkan yang terbaik. Bahkan, juga menggelar simulasi penanganan kebakaran hingga pencurian. Komunikasi antar lini terjalin baik. Walikota berharap peran serta masyarakat tidak hanya dalam lomba. Namun, juga berjalan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:   Mereka yang Sudah Mulai Bekerja Disaat Sebagian Warga Masih Terlelap

‘’Peristiwa bisa terjadi sewaktu-waktu, kewaspadaan wajib terus ditingkatkan. Lomba merupakan salah satu cara mewujudkan itu,’’ ujarnya.

Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu menyebut keamanan merupakan modal penting dalam pembangunan suatu daerah. Pihaknya pastinya bakal terus berupaya menjaga kondusifitas. Namun, kamtibmas bakal lebih optimal jika masyarakat turut berperan serta. Lomba sengaja digelar untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tersebut.

‘’Keamanan merupakan kebutuhan dasar. Dengan peran serta masyarakat ini diharapkan keamanan dan ketertiban semakin terjaga,’’ ungkapnya sembari menyebut Polres Madiun Kota juga memberikan penghargaan kepada netizen terbaik dalam admin medsos yang turut berkontribusi dalam penyebaran informasi positif bagi masyarakat. (dhevit/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.