Pentingnya administrasi kependudukan, maka setiap data di dalamnya harus akurat. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Administrasi kependudukan merupakan dokumen penting karena bersentuhan langsung dengan aktivitas kehidupan manusia. Oleh sebab itu, setiap perubahan di dalamnya harus segera dilaporkan.

Salah satu hal yang menyebabkan perubahan data kependudukan adalah pindah domisili atau tempat tinggal. Bagi penduduk yang ingin berpindah domisili harus menyertakan surat rekomendasi dari daerah sebelumnya.

Namun, ada kalanya kepindahan seseorang dari satu daerah ke daerah lainnya karena sebab yang tidak mengenakkan. Misalnya, karena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kehabisan modal kemudian kembali ke daerah asalnya.

Bagi penduduk Kota Madiun yang mengalami hal tersebut di daerah lain, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) siap memberikan bantuan. Terutama, dalam hal pengurusan surat rekomendasi.

‘’Untuk warga yang kena PHK atau kehabisan modal dan pulang ke daerah, kami akan bantu pengurusan administrasi kependudukannya,’’ tutur Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djatikusumo.

Baca juga:   Jangan Salah, Ini Bagian Leher Hewan yang Tepat Disembelih

Untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang baru, pemohon bisa datang ke kantor Dispendukcapil dengan membawa data dari daerah sebelumnya. Kemudian, membuat surat pernyataan pindah dari daerah lain ke Kota Madiun. ‘’Terutama, bagi mereka yang pindah ke Madiun sudah lama dan belum mengurus surat-surat kepindahan,’’ terangnya.

Bantuan yang diberikan, lanjut Nono, merupakan upaya mendukung gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan. Karena pentingnya administrasi kependudukan, maka setiap data di dalamnya harus akurat. ‘’Ada perubahan apapun, segera laporkan,’’ tegasnya. (WS Hendro, irs/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.