Sekda Maidi: Kegiatan Santri Bakal Ditingkatkan

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Oktober 2017


MADIUN – Sekda Kota Madiun Maidi menaruh harapan besar kepada para santri. Bagaimana tidak, santri merupakan wujud pelajar yang komplit. Tidak hanya baik soal karakter. Namun, juga tak kalah soal prestasi akademiknya. ‘’Pemimpin yang mumpuni dan idaman masyarakat adalah pemimpin yang berakhlak dan berkarakter mulia. Dan ini ada pada para santri,’’ kata Sekda selepas Apel Hari Santri, Senin (23/10).

Tak heran, jika pemerintah memberikan perhatian lebih kepada santri. Sekda menyebut kegiatan para santri wajib ditingkatkan. Baik yang bersifat seremonial maupun akademiknya. Beliau menyebut bakal ada banyak lomba yang melibatkan santri. Tidak harus lomba kapasitas besar. Namun, dapat dimulai dari skala kecil namun kontinyu. Mulai musik hadroh, adzan, seni kaligrafi, hingga menghafal Alquran. Ini, lanjut beliau, penting. Sebab, sarat nilai religius di dalamnya. Sedang, nilai religius secara tidak langsung membentuk karakter. ‘’Pemupukan karakter mulia ini harus ditanamkan sejak dini. Melalui apa, ya kegiatan seperti ini. Makanya ke depan harus lebih disempurnakan lagi,’’ terang beliau.

Peningkatan juga bakal dibarengi dengan pemenuhan sarana prasarananya. Sekda menyebut sarana pendukung bakal diperkuat. Di antaranya, referensi ilmu hingga peralatan. Perpustakaan di pondok pesantren dan sekolah berbasis agama wajib dilengkapi. Harapannya, bibit potensial bermunculan. Santri semakin terpacu. ‘’Goal-nya mencetak santri yang berkualitas,’’ ungkap beliau.

Berbagai program untuk pendidikan sudah dijalankan pemkot. Salah satunya penyediaan beasiswa. Bukan hanya untuk pelajar umum. Beasiswa juga menyasar santri. Utamanya, mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Khusunya, mereka yang berpotensi namun kurang mampu dari segi ekonomi. ‘’Ke depan program yang menyasar dunia pendidikan bakal lebih ditingkatkan,’’ pungkas beliau.

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!