Ingin Tahu Keaslian Pita Cukai, Lihat Sebelas Ciri Ini…

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Desember 2017

MADIUN – Tembakau, minuman beralkohol, dan alkohol murni berdampak buruk bagi kesehatan. Tak heran, peredarannya diawasi pemerintah melalui cukai. Pemerintah mewajibkan penggunaan pita cukai dalam setiap penjualan barang-barang tersebut. Sayangnya, penggunaan pita cukai seringkali dipalsukan. Tujuaannya, meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Padahal, pelanggaran penyalahgunaan cukai terancam pidana lantaran merugikan negara.

Tak heran, masyarakat yang memperjualbelikan barang wajib cukai harus memahami pita cukai asli. Pelaksana Pemeriksa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madiun David Julian Ichtiano mengategorikan sebelas ciri yang terdapat dalam pita cukai asli. Mulai lambang garuda dan direktorat bea cukai, tarif cukai yang dikenakan dan tahun produksi, hingga harga jualnya. Selain itu, dalam pita cukai wajib ada kata Indonesia dan hasil tembakau jika barang tersebut berbahan tembakau seperti rokok.

‘’Pita cukai juga wajib terdapat hologram dan personalisasi yang menyebutkan identitas pabrik yang memproduksi,’’ kata David saat Pengenalan dan Pendeteksian Pita Cukai Bagi Pengguna Hasil Tembakau untuk masyarakat Kecamatan Taman di Gedung Diklat, Selasa (5/12).

Sejumlah ciri tersebut dapat dikenali dengan empat cara mudah. Mulai secara kasat mata, kaca pembesar sinar ultraviolet, hingga metode jarum. Kertas pita cukai asli tahun ini berwarna dasar merah muda. Ini dapat dilihat secara kasat mata. Utamanya bagian belakang pita. Warna dasar kertas sengaja diubah setiap tahun. David menyebut warna dasar kertas cukai rokok asli 2016 berwarna biru. Selain itu, pita cukai rokok juga memiliki serat berwarna merah marun seperti cacing dan watermark. Jika diterawang terdapat gambar anyaman.

‘’Kertas, hologram, dan cetakannya memiliki ciri tertentu. Tujuannya agar mudah dikenali dan tidak gampang dipalsukan,’’ terangnya sembari menyebut hologram berwarna dasar kuning muda dan cetakannya jelas dan tajam.

Pita cukai dapat dilihat dengan kaca pembesar jika ciri-ciri tersebut belum tampak jelas secara kasat mata. Serat pada kertas bakal terlihat lebih jelas. Selain itu, terdapat tulisan Indonesia dan lambang bintang serta tahun produksi pada hologramnya. Pendeteksian, lanjutnya, juga dapat menggunakan sinar ultra violet (UV). Serat kertas pita cukai rokok asli memiliki tiga warna jika disorot lampu UV. Sedang, pada hologramnya bakal muncul warna tersembunyi. Warna ini tidak terlihat secara kasat mata.

‘’Warna pada nominal dan kode angka juga akan berubah warna jika dilihat dengan sinar UV,’’ jelasnya sembari menyebut serat dapat dilepas menggunakan jarum untuk pembuktian keasliannya.

Selain itu, masyarakat wajib mewaspadai modus penyalahgunaan pita cukai. Penyalahgunaan bukan hanya soal pemakaian pita cukai palsu. Namun, juga ketepatan pemakaiannya. Pita cukai asli juga digunakan tidak sesuai barang yang dijual. Mulai jenis hingga jumlah barangnya. David mencontohkan pita cukai rokok 12 batang digunakan untuk rokok isi 16 batang. Begitu juga dengan jenis tembakau iris. Berat jenis yang tertera dalam pita cukai seringkali tidak sesuai dengan tembakau yang dijual. Ini, kata dia, juga termasuk penyalahgunaan cukai dan dapat dipidanakan.
‘’Penghasilan cukai merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Peruntukannya juga dikembalikan untuk masyarakat. Penyalahgunaan cukai merugikan negara dan masyarakat untuk berbagai pembangunan hingga kesehatan. Makanya ada sanksi pidana bagi yang melanggar,’’ pungkasnya sembari menyebut laporan cukup melalui via telepon atau pesan singkat dinomor 085755840500 atau 0351 462745. (agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

MADIUN - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik terus berlanjut. Mulai Senin (1/3), jajaran Polres Madiun Kota mengikuti kegiatan penyuntikan vaksin untuk meningkatkan imun tubuh terhadap Virus Korona tersebut. Proses penyuntikan...

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) semakin memperluas penggunaan GeNose C19 di stasiun. Terbaru, mereka menambahkan empat stasiun lagi untuk menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 ini. Salah satunya, di Stasiun Besar Madiun. Layanan pemeriksaan GeNose C19 di...

Don`t copy text!