Sasar Kalangan Remaja, Kantor Bea Cukai Kemas Sosialisasi Melalui Video Apik

Di Posting Oleh madiuntoday

17 Desember 2017

MADIUN – Barang wajib cukai berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai rokok hingga minuman beralkohol. Tak heran, produksinya wajib dikendalikan. Peredarannya juga harus diawasi. Pemerintah mewajibkan pita cukai pada barang wajib cukai.

“Masyarakat wajib memahami apa itu cukai. Selain peredarannya harus diawasi, cukai merupakan salah satu sumber pemasukan negara, “ kata Kasubsi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madiun Yugianto saat malam nominasi Kompetisi Film Pendek Pekan Cukai Pemkot Madiun, Sabtu (16/12).

Berbagai cara sosialisasi dilakukan. Bukan hanya secara lisan. Pesan tentang cukai dikemas apik dalam sebuah video. Mulai bertemakan veteran hingga berkonsep obrolan ringan di warung. Pesannya sama. Apa itu cukai serta ajakan untuk selalu patuh pada aturann cukai. Video sosialisasi cukai cukup menarik perhatian peserta kompetisi film pendek yang memadati gedung olahraga sebagai lokasi penghargaan.

“Pelanggaran atas cukai bisa dipidanakan. Ancamannya bisa sampai sepuluh tahun. Ini penting agar masyarakat paham, “ terangnya.

Yudi menyebut pelanggaran atas cukai semakin beragam kini. Mulai memalsukan pita cukai, memasang pita cukai bekas, hingga memasang pita cukai tidak sesuai dengan peruntukan dan isinya. Paling sering pada pita cukai rokok. Tujuannya, meraup keuntungan maksimal dengan tidak membayar cukai. Sebaliknya, negara dan masyarakat dirugikan. Dua persen dana cukai dikembalikan untuk masyarakat. Mulai untuk pembangunan, pengadaan obat-obatan, hingga pelatihan dan lomba-lomba seperti yang diselenggarakan Pemkot Madiun melalui Diskominfo ini.

“Taat cukai sama artinya berkontribusi kepada negara dan masyarakat, “ jelasnya.

Pengenalan pita cukai cukup mudah. Yugi menyebut terdapat sebelas ciri umum pada pita cukai asli. Mulai warna dasar kertas, hologram, hingga serat khusus. Ciri ini dapat dilihat secara kasat mata, kaca pembesar, hingga sinar ultraviolet. Pita cukai rokok asli 2017 berwarna dasar merah muda. Selalu tertera nominal harga dan berhologram. Yudi berharap masyarakat berpartisipasi aktif menekan peredaran rokok ilegal. Salah satunya dengan berani menolak dan melapor jika menemukan pelanggaran terkait cukai. (agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!