Pemkot Madiun Usulkan 198 Formasi ASN ke KemenPAN RB Tahun ini

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Maret 2018

MADIUN – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Madiun yang mendambakan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Kendati belum final, rencana rekrutmen menjadi abdi negara tersebut mulai kentara. Pemkot setempat telah mengusulkan 198 formasi kebutuhan tahun ini.

‘’Informasinya seperti itu (akan ada rekrutmen). Kami sudah diminta mengirim usulan formasi kepada KemenPAN RB. Tetapi keputusan sepenuhnya ada di sana (kementerian),’’ kata Walikota Sugeng Rismiyanto.

Usulan, kata dia, wajib berdasar analisa jabatan dan beban kerja. Itungannya, Kota Madiun butuh 198 formasi. Penghitungan beban sudah dilakukan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) setempat. Sugeng menyebut rekrutmen tenaga anyar perlu dilakukan. Pun, kebutuhan sejatinya jauh lebih besar dari usulan. Apalagi, jumlah ASN terus berkurang saban tahun.

‘’Kalau dibilang ideal tentu belum. Usulan hanya berdasar kriteria yang ditentukan kementerian. Sudah kami saring berdasar kebutuhan super prioritas. Usulan dibatasi tidak boleh terlalu banyak,’’ ungkapnya.

Sebab, rata-rata seratusan ASN memasuki usia pensiun setiap tahunnya. Padahal, belum ada rekrutmen kembali sejak lima tahun terakhir. Artinya, sudah ada 500 hingga seribu ASN yang pensiun. Ini, kata dia, harus segera terisi. Terutama pada bidang pelayanan.

Kendati begitu, pihaknya ogah beralasan. Sugeng menegaskan pelayanan masyarakat tetap optimal dan maksimal kendati jumlah ASN terus tergerus. Pelatihan dan pendidikan ASN terus dilakukan. Tujuannya, ASN dapat mengerjakan lebih dari satu bidang pekerjaan.

‘’Tahapan rekrutmen sepenuhnya ada di kementerian. Kami hanya melaksanakan apa yang sudah diperintahkan,’’ ujarnya sembari menyebut tahapan selanjutnya memenuhi panggilan kementerian untuk koordinasi dan konsultasi kebutuhan.

Sugeng menyebut bakal terus mengupayakan adanya rekrutmen. Namun, hanya sebatas formasi. Sedang terkait teknis, sepenuhnya menjadi wewenang kementerian. Walikota berharap masyarakat terus memantau informasi dari kementerian. Mulai tata cara, jadwal, hingga ketentuan lain.

‘’Pastinya akan kami perjuangkan. Siapapun yang ingin ikut (rekrutmen) harus rajin buka web-nya kementerian,’’ pungkasnya.

Itu guys, segera bersiap ya bagi yang ingin menjadi abdi negara. Kendati belum ada surat resmi, dari kementerian terkait, rekrutmen dikabarkan dimulai pertengahan tahun ini. Pantau terus informasi terkait rekrutmen ASN di portal resmi kementerian terkait. Jangan mau ditipu dengan segala bentuk dan modus penipuan.

Jaga terus kesehatan dan selalu patuhi aturan. Patuhi juga aturan cukai. Ada tiga barang cukai yang beredar di tanah air. Yakni, hasil tembakau (rokok, cerutu, vapor, dll), etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol. Pastikan ketiga barang tersebut menggunakan pita cukai asli saat diperjualbelikan. Pelanggaran atas cukai bisa berujung pidana. So, jadi pembeli yang bijak ya. (ws hendro-agi/diskominfo).

Artikel Terkait

Don`t copy text!