Rukyatul Hilal Dilaksanakan Besok

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Mei 2018

MADIUN – Ramadan tinggal menghitung hari. Jika tidak berubah, awal Ramadan tahun ini jatuh pada, Kamis (17/5) besok. Namun, sabar dulu. Sebab, tentu wajib menunggu keputusan resmi Kementerian Agama yang dijadwalkan menggelar sidang isbat, Selasa (15/5) besok.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun Sutoyo menyebut penghitungan awal Ramadan tetap menggunakan dua metode. Yakni, hisab dan rukyat.

‘’Secara hisab sudah dilakukan. Tinggal menunggu pantauan rukyat yang direncanakan besok,’’ ujarnya, Senin (14/5/2018).

Secara hisab, kata dia, awal Ramadan jatuh pada Kamis mendatang. Namun, tentu harus dibuktikan dengan melihat hilal secara langsung. Pemantuan hilal untuk Kota Madiun bakal dilaksanakan di Bojonegoro. Pemantauan dilakukan perwakilan sejumlah tokoh. Mulai MUI, tokoh NU, Muhammadiyah, dan Kemenag Kota Madiun tentunya.

‘’Sementara, awal Ramadan memang jatuh pada Kamis. Tetapi tentu saja menunggu keputusan setelah rukyat besok,’’ ungkapnya sembari menyebut awal Ramadan tahun ini diprediksi bersamaan.

Sumber ilustrasi http://yudisupriadisangpengabdi.blogspot.co.id/

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk lebih mengutamakan ibadah pada bulan suci Ramadan nanti. Artinya, tidak terpengaruh dengan kejadian teror belakangan. Memanfaatkan sebaiknya waktu Ramadan. Sebab, tidak ada jaminan bakal kembali bertemu dengan Ramadan selanjutnya.

‘’Baiknya fokus untuk meningkatkan dan memperkaya ibadah. Tidak perlu terlalu menanggapi kejadian yang sudah dan jangan panik,’’ ungkapnya.

Dia juga mengimbau untuk selalu menghargai orang lain. Sebab, manusia sesungguhnya tidak dapat hidup tanpa orang lain. Selalu jaga diri sendiri dan keluarga dengan bekal ilmu agama yang benar.

‘’Jangan sampai terpengaruh. Tetap jaga anak-anak dan keluarga dari ajaran yang tidak benar dan pergaulan,’’ harapnya. (agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Don`t copy text!