Quick Count Pilkada Kesbangpol Jadi Jujukan

Di Posting Oleh madiuntoday

28 Juni 2018

MADIUN – Penghitungan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Madiun masih 14 Juli mendatang. Namun, sosok pemenang Pilkada kota pecel mulai kentara melalui quick count alias hitung cepat, Rabu (27/6/2018). Ketiga paslon yang bertanding di Pilkada Kota Madiun pastinya menerapkan hitung cepat masing-masing.

Namun, sebagian besar masyarakat mengacu hitung cepat yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Madiun. Penghitungan cukup akurat dan independen. Bakesbangpol setempat sengaja menggandeng akademisi ITS. Tak heran, sistem cukup canggih. Penghitungan cepat ini menggunakan sistem sms-rc. Terdapat seorang petugas ditiap tempat pemungutan suara (TPS) yang memantau perhitungan.

Petugas lantas melaporkan hasil penghitungan di TPS melalui layanan short message service (SMS) pada handphone. Pesan langsung direkap melalui aplikasi. Tak heran, hasil hitung cepat cukup akurat. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan kendati tak lebih dari satu persen.

Selain akurat dan independen, proses hitung cepat disaksikan langsung Walikota Sugeng Rismiyanto, Wakil Walikota Armaya, Ketua DPRD Istono, Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu, Pj Sekda Rusdiyanto, dan sejumlah Forpimda lain. Proses juga disiarkan secara langsung melalui portal facebook madiuntoday.

Paslon Maidi-Inda unggul sementara dalam hasil hitung cepat yang selesai pukul 20.04 tersebut. Paslon nomor urut 1 itu memperoleh dukungan 38,60 persen atau 39.474 suara dari 102.259 suara sah. Mada -sebutan paslon nomor urut 1- unggul dari dua paslon lain. Paslon Mahardika-Arief berada diurutan kedua dengan 35.371 suara atau 34,59 persen. Sedang, paslon Yusuf-Bambang memperoleh 26,81 persen atau 27.414 suara.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Baik yang mendukung maupun sebaliknya. Sebab, hasil penghitungan resmi hanya dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat melalui tahapan yang sudah ditentukan. Artinya, hasil quick count hanya dapat menjadi referensi sementara. Bukan menjadi acuan resmi. Video proses hitung cepat ini sudah terunggah dan dapat dilihat sewaktu-waktu pada funpage facebook portal berita madiuntoday.
Jaga terus kondusifitas dengan saling menghormati dan menghargai. Jaga terus kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat. (agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...