Tak Hanya BBM, Pemkot Juga Gandeng Perguruan Tinggi Buka Kelas Khusus

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Juni 2018

MADIUN – Pendidikan akar pembangunan dan menjadi salah satu kebutuhan dasar. Tak heran, pendidikan selalu menjadi program prioritas pemerintah. Termasuk di Kota Madiun. Tidak hanya beasiswa, Pemkot juga menggandeng akademisi tingkat perguruan tinggi. Tujuannya, memberikan kesempatan belajar yang lebih terbuka bagi warga Kota Madiun.

Teranyar, pemkot menggandeng Politeknik Negeri Madiun (PNM) dan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API). Kerja sama demi memberi kemudahan masyarakat Kota Madiun yang ingin menuntut ilmu di perguruan tinggi.

‘’Kami meminta jatah satu kelas khusus. Paling tidak 30 mahasiswa khusus warga Kota Madiun yang akan kami biayai sampai lulus,’’ kata Walikota Sugeng Rismiyanto.

Kerja sama ini bukan sekedar proses belajar di kedua perguruan tinggi tersebut hingga selesai. Pemkot juga memberi perhatian setelahnya. Mereka yang sudah masuk program ini bakal mendapat kesempatan bekerja di PT Inka dan PT KAI. Sebab, kedua perusahaan tersebut juga bekerja sama dengan kedua perguruan tinggi. Dia tunjuk bukti PNM yang bekerja dengan PT Inka. Sedang, API bekerja sama dengan PT KAI.

‘’Prinsipnya pemerintah menfasilitasi warganya. Ini penting agar kualitas pendidikan di Kota Madiun lebih maju,’’ ujarnya.

Penguatan bidang sumber daya manusia (SDM) ini penting dan perlu. Sebab, Kota Madiun tidak banyak memiliki sumber daya alam (SDA). Tak heran, tidak banyak potensi bidang alam yang dapat dioptimalkan. Sebaliknya, potensi SDM melimpah. Ini dibuktikan dari berbagai prestasi yang diukir pelajar kota pecel di kancah nasional hingga internasional. Potensi ini bakal percuma jika tidak tergarap baik. Sebab, sebagian dari mereka yang berprestasi berangkat dari keluarga kurang mampu.

‘’Bantuan ini sengaja kami prioritaskan kepada mereka yang kurang mampu. Harapannya, dapat memutus rantai kemiskinan paling tidak dari garis keluarganya,’’ harapnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...