Warga Lansia Jangan Abaikan Cek Kesehatan Berkala

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Juni 2018

MADIUN – Tak dapat dipungkiri, umur menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh. Maka dari itu, manusia harus pandai menjaga pola hidup agar tetap bugar meski usia sudah tak lagi muda. Terutama, bagi mereka yang telah memasuki fase lanjut usia (lansia).

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun dr Ismudoko menuturkan, lansia penting untuk rutin melakukan cek kesehatan. Terutama, jika ada keluhan-keluhan tertentu dalam tubuhnya. Sehingga, dapat ditangani secara cepat dan tepat.

‘’Bagi yang sehat, cek kesehatan bisa dilakukan 3-6 bulan sekali. Sedangkan yang sakit, evaluasi dilakukan 1-2 minggu sekali untuk mengetahui pengobatan yang dilakukan menunjukkan hasil atau belum,’’ tuturnya di sela-sela kegiatan Senam Lansia di Stadion Wilis, Jumat (29/6).

Karena kebutuhan tersebut, Dinkes KB Kota Madiun pun membuka screening kesehatan gratis dalam kegiatan Senam Lansia. Cek kesehatan meliputi tes gula darah dan tensi. Panitia menyediakan lima pos cek kesehatan yang masing-masing mampu menangani 50 peserta.

Tujuan screening adalah untuk mengetahui kesehatan para lansia di Kota Madiun. Jika ada yang hasilnya kurang bagus, maka akan langsung disampaikan dan direkomendasikan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke puskesmas.

Selain cek kesehatan berkala, ada baiknya lansia tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Senam lansia misalnya. Kegiatan itu bertujuan untuk menjaga kelenturan alat gerak manusia. ‘’Lansia biasanya kurang aktivitas sehingga ada masalah di persendian,’’ terangnya.

Karena itu, Ismudoko mengimbau agar lansia melakukan senam untuk menjaga kelenturan di area persendian. Jika tidak, mereka bisa menggantinya dengan berjalan kaki. ‘’Jalan kaki yang paling murah dan cukup untuk menggerakkan tubuh,’’ tandasnya. (WS Hendro, irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...