PPDB SD-SMP Hari Kedua, Sebagian Pagu Sekolah Terpenuhi

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Juli 2018

MADIUN – Memasuki hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP di Kota Madiun, pagu sebagian sekolah telah terpenuhi. Meski demikian, proses pendaftaran masih terus dibuka hingga Kamis (5/7).

Berdasarkan data situs ppdb.madiunkota.go.id yang ter-update Rabu (4/7) pukul 13:51, sejumlah SD negeri di masing-masing kecamatan telah memenuhi pagu. Di Kecamatan Manguharjo, pagu 4 SD telah terpenuhi. Yakni, SDN 02 Pangongangan, SDN 03 Nambangan Kidul, SDN Sogaten, dan SDN Ngegong.

Berikutnya, di Kecamatan Kartoharjo ada SDN 01 Kartoharjo, SDN 01 Klegen, SDN 03 Klegen, SDN 02 Kanigoro, SDN 03 Kanigoro, SDN 01 Tawangrejo, dan SDN Kelun telah terpenuhi pagunya. Sedangkan, SD yang sudah memenuhi pagu di Kecamatan Taman ada SDN 02 Pandean, SDN 03 Manisrejo, SDN 02 Demangan, SDN 02 Josenan.

Sementara itu, PPDB jenjang SMP hampir semua sekolah telah memenuhi pagu zonasi. Kecuali, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 12, dan SMPN 14 Madiun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Wasana menuturkan, hasil sementara proses PPDB SD dan SMP di Kota Madiun dapat diakses secara bebas oleh masyarakat melalui situs di atas. ‘’Secara realtime masyarakat akan tahu posisi pada hari itu di mana,’’ tuturnya.

Sistem online yang digunakan dalam PPDB, lanjut Heri, merupakan upaya pemerintah untuk memudahka peserta melakukan pendaftaran. Mereka bisa melakukannya melalui jaringan internet pada komputer maupun smartphone-nya masing-masing.

Setiap peserta bisa memilih tiga sekolah sekaligus sebagai pilihan pertama hingga ketiga. Jika peserta kurang memenuhi kriteria pada pilihan 1 maka akan otomatis bergeser ke pilihan kedua. Begitupun selanjutnya hingga pilihan ketiga.

‘’Kalau anak sudah tergeser dari tiga pilihan itu atau masih di pilihan ketiga tapi khawatir akan tergeser, mereka bisa mengganti pilihan dengan menghubungi panitia PPDB yang ada di sekolah. Tidak perlu cabut berkas,’’ paparnya.

Para pendaftar PPDB dapat melakukan perubahan pilihan hingga Kamis (5/7) pukul 09.00. Untuk jenjang SD, perubahan pilihan diberi kesempatan dua kali. Sedangkan untuk jenjang SMP, perubahan pilihan hanya dapat dilakukan satu kali.

Sementara itu, Kasi Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi mengatakan, update hasil sementara PPDB SD-SMP dilakukan setiap 3 menit sekali. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat. ‘’Kami upayakan sistem berjalan lancar,’’ tandasnya. (irs/madiuntoday)

 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait