Ingin Dapat Bantuan Benih Ikan?

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Juli 2018

MADIUN – Budidaya ikan tengah digemari kini. Minimnya lahan tak menjadi penghalang dengan kemajuan teknologi dibidang budidaya. Pun, besaran modal bukan menjadi kendala. Beragam upaya fasilitas diberikan pemerintah. Seperti di Kota Madiun yang menyediakan berbagai bantuan untuk pembudidaya. Caranya juga cukup mudah.

‘’Ada beberapa program yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Mulai bantuan benih hingga bantuan paket lengkap yang diberikan secara gratis,’’ kata Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Dorce Lomo, Kamis (5/7/2018).

Pembudidaya cukup terdaftar dalam kelompok budidaya sekitar tempat tinggal untuk mendapatkan bantuan benih gratis. Pembudidaya secara otomatis bakal terdaftar di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Setelahnya, pembudidaya wajib mengurus surat keterangan dari kelurahan setempat.

‘’Petugas kami akan melakukan identifikasi ke pemohon. Mulai kelayakan kolam sekaligus menakar kapasitas benih yang akan diberikan,’’ jelasnya.

Jika syarat terpenuhi, lanjut dia, benih langsung diberikan. Dorce menyebut besaran bantuan menyesuaikan kapasitas kolam pemohon. Bantuan bisa sebanyak ratusan hingga ribuan. Pembudidaya bukan lantas dibiarkan begitu saja. Monitoring rutin dilakukan. Tujuannya, memantau perkembangan serta membantu pembudidaya agar berhasil. Petugas juga bakal memberikan saran dan masukan jika terjadi masalah.

‘’Untuk bantuan benih bisa langsung kami berikan dari dinas. Tetapi juga terdapat bantuan lain yang bisa dimanfaatkan dari pemerintah pusat maupun provinsi,’’ terangnya.

Namun, tentu syarat pengajuannya berbeda. Pemohon wajib mengajukan proposal. Bantuan diberikan pada tahun anggaran selanjutnya jika syarat terpenuhi. Bantuan jenis ini biasanya dalam jumlah besar. Berupa paket lengkap. Mulai kolam, pakan, alat timbangan hingga benih. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun juga pernah menyalurkan bantuan modal Rp 60 juta dari pemerintah pusat kepada kelompok budidaya.

‘’Prinsipnya pemerintah memfasilitasi. Silangkan mengajukan permohonan. Pastinya akan kami tindak lanjuti,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jangan lupa menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait