Tim PKBRS Sogaten Sabet Jawara Nasional Promosi dan Konseling KB

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Juli 2018

MADIUN – Inovasi Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) RSUD Sogaten meraih apresiasi tinggi. Meski baru 1,5 tahun dibentuk, tim yang diketuai oleh dr Muhammad Nur Sp,OG itu berhasil menyabet juara I tingkat nasional Promosi dan Konseling KB Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran untuk kategori rumah sakit tipe C yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat.

Penyerahan hadiah terlaksana di Best Western Lagoon Hotel Manado, Jumat (6/7). Bertepatan dengan puncak rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 tahun. ‘’Tentu senang sekali bisa mendapatkan juara. Tapi, itu juga berarti tanggung jawab kami semakin bertambah,’’ tutur Kepala Bidang Pelayanan RSUD Sogaten dr Denik Wuryani.

Ditanya tentang faktor kemenangan, Denik menjelaskan bahwa banyak inovasi yang ditawarkan oleh tim PKBRS dalam mendukung program keluarga berencana. Yakni, inovasi 5 in 1 plus. Dalam program tersebut, mereka melakukan promosi KB sejak pasien periksa kehamilan.

Pendampingan terus dilakukan oleh tim PKBRS kepada pasien hingga pasca melahirkan. Mereka pun membantu pasien memilih alat kontrasepsi yang tepat. Jika ada permasalahan atau tanya jawab, tim PKBRS siap melayani melalui aplikasi chat WA group. ‘’Alhamdulillah cara ini meningkatkan pengguna KB dengan cukup signifikan,’’ ujarnya.

Tak hanya itu, tim PKBRS juga dilengkapi dengan Duta KB dan Ustadz KB. Keduanya membantu pasien untuk lebih memahami manfaat dan cara penggunaan alat kontrasepsi. Terutama Ustadz KB membantu pasien memahami KB dari segi agama.

Dengan pencapaian ini, Denik berharap tim PKBRS RSUD Sogaten semakin semangat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain meneruskan kegiatan yang sudah berjalan juga menambah inovasi lainnya agar semakin baik. ‘’Sehingga, meningkatkan kepuasan pasien,’’ imbuhnya. (WS Hendro, irs/madiuntoday)

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...