Kedap Air Tanah Hingga Tahan Beban 20 Ton

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Juli 2018

MADIUN – Pemkot Madiun tengah membangun belasan saluran air saat ini. Tak heran, banyak galian di sejumlah titik. Bahkan, ada yang melintang jalan. Pembangunan sebagai antisipasi banjir tersebut diprediksi bakal selesai lebih cepat. Pasalnya, saluran tidak dicor ditempat. Namun, menggunakan box culvert. Salah satu jenis beton precast tersebut tidak perlu menunggu kering saat pemasangan.

‘’Inikan produk prabik. Mutunya teruji. Sudah siap langsung pasang. Pengerjaannya bisa lebih cepat,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Madiun Suwarno, Senin (9/7/2018).

Disebut box lantaran kebanyakan berbentuk persegi. Ukurannya bervariasi. Begitu juga yang dipesan Pemkot Madiun untuk pembangunan sejumlah saluran. Mulai ukuran 50 centimeter hingga satu meter. Pembangunan saluran memang tidak hanya di jalan pusat kota. Namun, juga di perumahan.

Box culvert, kata dia, berfungsi sebagai material kontruksi bawah tanah. Artinya, tidak hanya digunakan sebagai saluran atau drainase. Namun, ada juga yang digunakan untuk pembuatan gorong-gorong atau terowongan kereta api. Namun, tentu box culvert ukuran super besar. Pun, biasanya untuk terowongan pendek.

‘’Box culvert kedap terhadap air tanah. Tak heran, pembangunan bawah tanah sekarang ini lebih memilih menggunakan bahan ini dibanding cor ditempat,’’ ujarnya.

Bok culvert memiliki dua jenis sambungan. Yakni, socket dan spigot. Kedua jenis sambungan ini berperan menjaga posisi box culvert tetap menyatu setiap sisinya dan tidak terpengarih saat terjadi pergeseran tanah. Selain itu, Suwarno menyebut mutu beton terjamin. Produk pastinya sudah melalui quality control pihak prabik. Pihaknya, juga datang meninjau langsung sebelum produk dikirim. Pabrik, lanjutnya, juga bakal mengganti jika box culvert kedapatan tidak sesuai dengan standar.

‘’Untuk yang ukuran dibawah jalan nasional kuat menahan beban hingga 20 ton. Selama tidak terjadi bencana alam, box culvert cukup tahan lama,’’ ungkapnya.

Namun, tentu juga memiliki kekurangan. Pemasangan box culvert harus dibantu dengan alat berat. Artinya, lokasi yang tidak dapat dilalui alat berat, tidak dapat menggunakan teknologi ini. Suwarno menyebut terpaksa tetap menggunakan cor ditempat. Selain itu, harga box culvert lebih mahal dibanding dengan sistem cor ditempat. Namun, akan menjadi lebih hemat secara perawatan. Sistem cor ditempat biasanya butuh perawatan diatas lima tahun. Sedang, box culvert bisa tahan belasan hingga puluhan tahun jika tidak terjadi bencana.

‘’Memang lebih mahal diawal. Tetapi kalau dibandingkan kedepan, jatuhnya malah lebih hemat,’’ terangnya. (ws hendro/agi/mdaiuntoday)

Selalu patuhi aturan yang berlaku. Selalu menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!