Konsep Pavingisasi dan Saluran Berbiopori Dimulai

Di Posting Oleh madiuntoday

17 Juli 2018

MADIUN – Konsep pavingisasi dan saluran berbiopori sudah dan mulai dikerjakan Pemerintah Kota Madiun. Sejumlah titik tengah dikerjakan. Sebagian lain sudah rampung. Salah satu terobosan dalam pembangunan ini diyakini dapat menanggulangi banjir.

‘’Sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Ada penambahan dari yang sebelumnya pavingisasi berbiopori menjadi saluran berbiopori juga,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto, Senin (16/7/2018).

Terdapat ratusan titik tersebar diseluruh kelurahan. Titik di Kelurahan Kanigoro dan Tawangrejo sudah selesai pengerjaannya. Sedang, di Kelurahan Pilangbango, Winongo, dan Manisrejo masih dalam proses. Biopori, kata dia, penting untuk menciptakan areal resapan air. Resapan diperlukan lantaran air genangan kurang lancar mengalir.

‘’Secara geografis kawasan Kota Madiun berbentuk seperti cekungan. Tak heran, kalau muncul genangan di sejumlah titik,’’ katanya.

Kedalamannya sekitar satu meter. Sedang, jarak penanaman biopori menyesuikan lokasi. Mulai satu meter untuk kawasan yang dinilai cukup banyak menampung genangan hingga berjarak dua sampai tiga meter untuk kawasan sedang.

Biopori, lanjutnya, bakal memberikan beragam manfaat. Tidak hanya sebagai penanggulangan banjir. Namun, juga sebagai penghasil pupuk kompos. Sebab, konsep biopori memang sebagai mesin penghasil pupuk kompos. Tabung yang ditanam dalam paving berisi daun. Dalam kurun waktu tertentu daun bakal menjadi pupuk alami.

‘’Karena menjadi areal resapan, kawasan sekitar biopori menjadi kaya air. Ini juga baik untuk pertumbuhan pohon dan tanaman sekitar,’’ jelasnya sembari menyebut biopori juga berfungsi untuk mempertahankan kandungan air dalam tanah.

Jaga terus kesehatan dan selalu patuhi aturan. Jangan racuni tubuh dengan mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok. Bagi kalian yang merokok, jangan beli rokok illegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai, berpita cukai palsu atau berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu sumber pemasukan negara. Membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara. Selain itu, sebagian dan cukai juga diperuntukkan kepada masyarakat. So, jadi pembeli yang bijak ya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!