Kominfo Hadirkan Sosok Kartini Masa Kini di Karnaval Kemerdekaan RI

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Agustus 2018

MADIUN – Kemeriahan karnaval dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia telah berlangsung di Kota Madiun, Rabu (29/8). Para peserta menyuguhkan penampilan terbaiknya untuk ditampilkan di hadapan walikota dan masyarakat Madiun. Tak terkecuali Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun.

Dalam pawai bertema Semangat Pejuang, Kerajaan Nusantara, dan Sejarah Nusantara Sebagai Tonggak Kerja Kita Prestasi Bangsa ini, Diskominfo menghadirkan sosok Kartini masa kini. Sedikitnya, 20 perempuan terlibat dalam kegiatan itu. ‘’Kartini tak hanya menginspirasi, tapi juga pelopor kebangkitan perempuan pribumi,’’ tutur Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri.

Pertunjukan bertema Beautiful of Kartini Nusantara ini juga menghadirkan pasukan pembawa bendera. Serta, penari dengan atribut payung. Selain itu, ada empat penjaga di kanan-kiri maskot Kartini yang melambangkan empat pilar penjaga kedaulatan NKRI.

Sosok para Kartini tersebut mengenakan pakaian kebaya bernuansa merah dan putih. Hal ini melambangkan sosok perempuan yang cantik nan anggun. Tapi juga kuat, berani, dan siap untuk turut serta membela dan membangun NKRI.

Meski lahir di Jepara, RA Kartini juga lekat dengan Kota Madiun. Salah satunya dengan berdirinya Sekolah Kartini pada zaman dahulu. Namun, hingga saat ini bangunan tersebut masih digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Yakni, SMPN 3 Madiun. Bahkan, nama jalan di lokasi sekolah itu juga dinamakan Jalan Kartini.

Dengan menghadirkan sosok Kartini, Diskominfo berharap masyarakat dapat mengingat kembali sosok Pahlawan Nasional Indonesia ini. Kemudian, meneladani semangatnya untuk terus berjuang membangun bangsa menjadi lebih baik lagi. ‘’Semua unsur menyatu dan bahu-membahu demi satu tujuan bersama. Kemajuan nusa bangsa untuk masyarakat mandiri sejahtera,’’ imbuhnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

 

Artikel Terkait

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

MADIUN – Vaksinasi booster terus dimaksimalkan di Kota Madiun. Sasarannya juga bertambah. Vaksinasi dosis 3 tersebut sudah bisa untuk dewasa mulai 18 tahun ke atas sebagai sasaran tambahan. Namun, terdapat sejumlah syarat tertentu salah satunya wajib sudah mendapatkan...

Don`t copy text!