Produksi Ikan Melimpah, Konsumsi Masyarakat Rendah

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Agustus 2018

MADIUN – Tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Madiun masih rendah. Baru mencapai 14,7 kilogram perorang pertahun. Padahal, konsumsi ikan idelanya mencapai 32 kilogram jika mengacu anjuran pemerintah provinsi. Bahkan, konsumsi ikan setiap orang dianjurkan hingga 42 kilogram jika mengacu anjuran badan kesehatan dunia (WHO). Tak heran, Pemkot Madiun terus mencukupi sekaligus mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat.

‘’Ketersediaan ikan cukup di Kota Madiun. Tetapi minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan masih kurang. Makanya kami terus mensosialisasikan agar masyarakat gemar makan ikan,’’ kata Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Dorce Lomo disela sosialisasi gemar makan ikan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, Selasa (28/8/2018).

Ketersediaan ikan dari sektor budidaya berkisar 261 ton setahun. Sedang, dari produksi ikan dari sektor tangkap berkisar 80 ton dalam setahun. Jumlah yang cukup besar mengingat Kota Madiun tidak banyak memiliki daerah perairan. Kota pecel hanya memiliki sungai bengawan. Selain itu, Kota Madiun juga mendapat kiriman dari daerah luar. Sebaliknya, beberapa ikan produksi Kota Madiun juga dikirim keluar.

‘’Jadi ada yang masuk ada juga yang keluar. Tetapi secara keselurahan stok masih cukup,’’ imbuhnya.

Namun, produksi masih kalah dengan daerah lain. Ini lantaran beberapa hal. Salah satunya, minimnya lahan. Kota Madiun memang tidak kelewat luas. Budidaya ikan baru sebatas skala kecil. Pun, kebanyakan hanya sebagai sampingan. Bukan mata pencaharian utama dengan skala besar. Kolam produksi biasanya juga disiasati dengan sistem bundar. Lagi-lagi lantaran minimnya lahan. Mahalnya pakan juga menjadi kendala tersendiri. Untuk pembuatan pakan juga terkendala bahan.

‘’Minat masyarakat akan ikan harus terus digenjot. Kalau permintaan besar otomatis produksi juga meningkat. Budidaya ikan bukan lagi sebagai sampingan,’’ ungkapnya.

Pemahaman terkait manfaat ikan wajib terus disosialisasikan. Ikan memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan omega tiganya baik untuk otak karena apat meningkatkan daya ingat. Hasil penelitian juga menyebutkan nutrisi pada ikan baik untuk mencegah penyakit jantung, kanker prostat, melawan peradangan, menyehatkan mata, menjaga kesehatan kulit dan rambut dan menjaga struktur tulang serta mengatasi depresi.

‘’Ada yang menyebut ikan lele menyebabkan kanker, saya pastikan itu tidak benar. Selama budidaya ikan menggunakan air bersih, ikan juga akan sehat. Makanya, mari terus menjaga kebersihan air. Jangan buang sampah atau limbah ke sungai yang menjadi habitat ikan,’’ pesannya. (dhevit/ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

 

Artikel Terkait

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

MADIUN – Vaksinasi booster terus dimaksimalkan di Kota Madiun. Sasarannya juga bertambah. Vaksinasi dosis 3 tersebut sudah bisa untuk dewasa mulai 18 tahun ke atas sebagai sasaran tambahan. Namun, terdapat sejumlah syarat tertentu salah satunya wajib sudah mendapatkan...

Don`t copy text!