Tak Hanya Online, Urus Perizinan Juga Anti Pungli

Di Posting Oleh madiuntoday

30 Agustus 2018

MADIUN – Pelayanan perizinan di Kota Madiun tak hanya kian efisien dengan adanya layanan online. Namun, juga semakin murah kini. Sebab, seluruh petugas Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSP KUM) setempat sepakat berkomitmen anti pungutan liar (pungli). Pelayanan segala jenis perijinan ditempatnya dipastikan anti tambahan biaya diluar aturan.

‘’Perijinan di kami betul-betul melaksanakan pelayanan secara gratis. Apabila terdapat pembayaran, kami pastikan itu sesuai yang tertera dalam perda,’’ terang Kepala DPMPTSP KUM Kota Madiun Harum Kusumawati, Rabu (29/8/2018).

Komitmen anti pungli dimulai dari bawah hingga atas. Artinya, tidak ada yang melakukan tarikan uang mulai staf, pejabat, hingga kepala dinas terkait perijinan yang diajukan. Pihaknya sengaja mengenakan pin anti pungli ke setiap petugas sebagai bentuk komitmen. Bahkan, sanksi disiapkan. Baik secara teguran, mutasi, hingga sanksi tegas lain dari pimpinan tertinggi di Kota Madiun. Harum meminta masyarakat aktif melapor jika menemukan petugasnya bermain pungli.

‘’Permohonan ijin memang terdapat tarif tersendiri yang diatur dalam Perda. Kalau ada pembayaran diluar itu, silahkan melapor,’’ tegasnya sembari menyebut petugas yang kedapatan terlibat pungli bakal out dari dinasnya.

Harum tak membantah masih adanya masyarakat yang terpaksa mengeluarkan biaya lebih kala mengurus perijinan. Dia memastikan itu bukan dari pihaknya. Namun, lantaran menggunakan jasa calo. Harum mengimbau agar masyarakat meluangkan waktu untuk mengurus secara mandiri. Sebab, dipastikan tidak ada biaya tambahan apapun.

‘’Pelayanan perijinan sudah semakin mudah kini. Hampir semua perizinan sudah menerapkan sistem online. Makanya kami imbau ayo urus secara mandiri,’’ ungkap Harum.

Langkah ini, kata dia, terbukti mendongkrak permohonan perizinan yang masuk. Sebanyak 486 investor masuk. Nilai investasinya mencapai Rp 1,3 triliun sepanjang 2017. Besaran meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Hanya ada 226 investor dengan nilai investasi sebesar Rp 347 miliar sepanjang 2016. Besaran, lanjut Harum, diprediksi bakal terus meningkat ke depan.

‘’Prinsipnya pelayanan perijinan akan terus berinovasi agar semakin mudah, praktis, cepat, dan efisien,’’ ujarnya sembari menyebut pihaknya juga menerapkan pelayanan keliling. (ws hendro/agi/diskominfo)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

MADIUN – Vaksinasi booster terus dimaksimalkan di Kota Madiun. Sasarannya juga bertambah. Vaksinasi dosis 3 tersebut sudah bisa untuk dewasa mulai 18 tahun ke atas sebagai sasaran tambahan. Namun, terdapat sejumlah syarat tertentu salah satunya wajib sudah mendapatkan...

Don`t copy text!