Tak Perlu ke Kantor, Ini Jadwal Layanan Keliling Dispendukcapil

Di Posting Oleh madiuntoday

3 September 2018

MADIUN – Kesadaran masyarakat Kota Madiun akan pentingnya data kependudukan perlu ditingkatkan. Sebab, masih ada saja masyarakat yang belum melengkapi data kependudukan. Mulai KTP elektronik, KK, kartu identitas anak (KIA), dan lainnya. Padahal, kelengkapan data penting dan perlu. Pemerintah ogah tinggal diam. Pemkot Madiun melalui Dispendukcapil setempat sengaja jemput bola dalam pelayanan dengan menggunakan layanan mobil keliling. Tujuannya, masyarakat semakin mudah dan cepat terlayani.

‘’Data kependudukan ini kan penting. Semua urusan akan berbasis dari data kependudukan. Makanya layanan kami dekatkan agar masyarakat dapat mengurus dengan cepat, dekat, dan mudah,’’ kata Kepala Disdukcapil Kota Madiun Nono Djati Kusumo, Senin (3/9/2018).

Nono menyebut secara keseluruhan kepengurusan data kependudukan masyarakat kota pecel sudah cukup bagus. Dia tunjuk bukti, perekaman E-KTP yang sudah mencapai 97 persen. Kendati begitu bukan berarti tanpa upaya mengejar kekurangan. Pihak getol turun ke lapangan. Seperti layanan keliling di Alun-alun pagi tadi. Pihaknya sengaja menggelar layanan di lapangan besar tengah kota itu hingga Kamis mendatang.

‘’Sudah kami jadwalkan. Setiap hari akan ada pelayanan kependudukan di luar. Minggu ini di Alun-alun. Minggu depan di lapangan Gulun. Pelayanan Senin sampai Kamis,’’ terangnya sembari menyebut pelayanan dimulai pukul 08.00 sampai 12.00.

Pelayanan juga menyasar ke sekolah. Ini penting lantaran banyak masyarakat baru yang wajib memiliki data kependudukan di sekolah. Satu-persatu sepuluh sekolah menengah atas di Kota Madiun didatangi. Petugasnya juga melakukan pelayanan di akhir pekan. Layanan Sabtu dan Minggu ini kebanyakan di kantor kelurahan dan kecamatan. Pelayanan dilakukan secara bergantian. Pelayanan di hari libur ini sengaja dilakukan agar masyarakat tidak perlu ijin kerja dihari aktif.

‘’Prinsipnya data kependudukan masyarakat harus lengkap. Kami ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adiministrasi (Gisa) kependudukan,’’ ujarnya.

Pelayanan keliling, lanjutnya, melayani semua urusan data kependudukan. Mulai KTP Elektronik, pencetakan akta lahir, akta kematian, KIA, dan kartu keluarga. Bukan hanya penerbitan baru. Tetapi juga penggantian data yang rusak, hilang, atau perubahan data.

‘’Masyarakat yang berhalangan datang langsung ke kantor bisa menunggu pelayanan keliling kami. Jadwal bisa diakses melalui website dan papan pengumuman ditiap kantor kelurahan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga ketertiban dengan mematuhi aturan. Patuhi juga aturan cukai. Ada tiga barang cukai yang beredar di tanah air. Yakni, hasil tembakau (rokok, cerutu, vapor, dll), etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol. Pastikan ketiga barang tersebut menggunakan pita cukai asli saat diperjualbelikan. Pelanggaran atas cukai bisa berujung pidana. So, jadi pembeli yang bijak ya.

Artikel Terkait

Don`t copy text!