Lewat Pemburu, Layanan Kependudukan Cukup dari Genggaman

Di Posting Oleh madiuntoday

5 September 2018

MADIUN – Masyarakat yang hendak mengurus data kependudukan tidak perlu lagi mengantri di kantor pelayanan ke depan. Dispendukcapil Kota Madiun meluncurkan program baru berbasis online. Masyarakat cukup mengakses melalui piranti handphone atau komputer dari mana saja. Layanan cukup dari genggaman. Caranya, dengan mengakses website pemburu.madiunkota.go.id. Layanan ini masih tahap ujicoba. Namun, masyarakat sudah dapat mengaksesnya sedari sekarang.

‘’Layangan data kependudukan harus mudah, cepat, dan efisien. Kami terus berupaya mewujudkan itu. Ini salah satu terobosan terbaru kami,’’ kata Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djati Kusumo, Rabu (5/9/2018).

Layanan yang disuguhkan cukup lengkap. Mulai cetak KTP elektronik, akta kelahiran, kartu identitas anak (KIA), pindah datang, pindah keluar, dan kematian. Caranya pun cukup mudah. Masyarakat perlu mendaftar terlebih dahulu dalam web. Pendaftaran wajib memasukkan nama, NIK kepala keluarga, nomor KK, alamat email, dan password. Setelah proses berhasil, masyarakat perlu kembali ke menu awal untuk masuk atau login. Password dan email menjadi kunci untuk masuk.

‘’Sebelum masuk ke proses yang diinginkan, pemohon perlu mengupload KTP dan KK asli pada kotak dialog yang tersedia. Ini penting untuk proses validasi,’’ ujarnya.

Berformat JPEG dengan besaran file maksimal satu megabyte (MB). Proses selanjutnya cukup mengikuti instruksi yang tersedia. Misalnya, perubahan data KTP. Pemohon masuk pada menu cetak KTP. Masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, sistem juga menyiapkan petunjuk dalam menu alur persyaratan. Untuk pergantian data, pemohon cukup mengisi data pada kotak dialog yang ingin dilakukan perubahan. Setelah selesai tinggal pilih menu selesai. Petugas akan langsung memprosesnya.

‘’Kami upayakan secepat mungkin. Dalam hitungan jam. Kendala biasanya pada server di pusat. Setiap perubahan data memang harus dikirim ke pusat dulu,’’ ungkapnya.

Bahkan, layanan ini juga untuk pemohon baru. Namun, hanya sebatas pendaftaran. Sebab, pemohon baru tetap harus melakukan perekaman. Nah, perekaman dapat dilakukan di kantor maupun menunggu pelayanan mobil keliling. Begitu juga dengan layanan lain. Proses relatif sama. pemohon wajib mengunggah file yang disyaratkan. Seperti kepenguruan KIA. Selain mengisi identitas, pemohon juga mengunggah KTP orang tua anak, KK, dan akta kelahiran.

‘’Begitu sudah jadi aka nada pemberitahuan di web tersebut. Masyarakat tinggal ambil dengan membawa salinan KTP, KK, akta yang tadi disyaratkan,’’ jelasnya sembari menegaskan semua pelayanan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Nono menyilahkan masyarakat untuk mengakses sistem layanan baru ini. Pihaknya ingin segera mengetahui kendala yang mengemuka sebelum benar-benar di-launching ke depan. Beberapa pengakses yang sudah mencoba terbukti lancar dan tanpa kendala. Namun, itu bisa terjadi lantaran belum banyak yang mengakses. Cerita dimungkinkan bakal berbeda ketika layanan sudah membludak.

‘’Prinsipnya kami terus berinovasi memberikan pelayanan yang semakin mudah, cepat, dan efisien kepada masyarakat. Silahkan ini dimanfaatkan biar kami tahu kendala yang mungkin muncul,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Don`t copy text!