Tak Hanya Menindak, Ini Tugas Lain Bea Cukai

Di Posting Oleh madiuntoday

5 September 2018

MADIUN – Pengenaan tarif cukai untuk barang wajib cukai bukan sekedar mengisi kas negara melalui pajak. Tetapi juga untuk mengendalikan konsumsinya di masyarakat. Muaranya pun berujung pada upaya menjaga kesehatan masyarakat itu sendiri.

Namun, sayangnya masih ada praktek ilegal terkait barang-barang wajib cukai. Seperti, menggunakan pita cukai palsu atau bahkan tanpa dilengkapi pita cukai sama sekali. Tentu saja, hal tersebut tidak hanya merugikan negara. Tetapi juga masyarakat sebagai konsumen.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun selama 2018 telah melakukan tindakan pengamanan. Dari 32 tindakan di bidang pengawasan dan 21 tindakan di bidang pelayanan, total penerimaan negara yang berhasil diamankan mencapai Rp 858,494 juta. ‘’Baik dengan bukti berupa Surat Penetapan Pabean (SPP) maupu Surat Penetapan Sanksi Administrasi (SPSA),’’ tutur Kepala KPPBC Madiun Gatot Priyo Utomo.

Meski begitu, bukan penindakan untuk pengamanan penerimaan negara saja yang menjadi tugas kantor bea cukai. Mereka juga fokus dan intens untuk mengarahkan pengusaha yang melakukan bisnis ilegal menjadi legal.

Gatot menjelaskan, ada cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk dapat menjalankan bisnis secara legal untuk barang wajib cukai. Yakni, dengan mendapatkan nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC). ‘’Pengusaha mendaftarkan perusahaannya untuk mendapatkan izin usaha,’’ jelasnya.

NPPBKC dapat diajukan di kantor bea cukai. Dalam prosesnya, petugas akan melakukan pemeriksaan di lokasi usaha. Juga, melihat proses produksi. Jika dianggap memenuhi standar, maka dapat direkomendasikan kepada kepala kantor untuk menerima persetujuan.

‘’Setelah disetujui, baru memesan pita cukai. Lalu, pita ditempel pada barang kena cukai. Setelah itu baru boleh diedarkan,’’ paparnya.

Gatot berharap, pengusaha yang melakukan bisnis barang kena cukai secara ilegal semakin berkurang. Pihaknya juga bekerjasama dengan penegak hukum lainnya dan pemerintah daerah untuk mengawasi peredaran barang tersebut. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

 

Artikel Terkait

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

MADIUN - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik terus berlanjut. Mulai Senin (1/3), jajaran Polres Madiun Kota mengikuti kegiatan penyuntikan vaksin untuk meningkatkan imun tubuh terhadap Virus Korona tersebut. Proses penyuntikan...

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) semakin memperluas penggunaan GeNose C19 di stasiun. Terbaru, mereka menambahkan empat stasiun lagi untuk menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 ini. Salah satunya, di Stasiun Besar Madiun. Layanan pemeriksaan GeNose C19 di...

Don`t copy text!