Pertegas Komitmen, Paguyuban Pencak Silat Keluarkan Maklumat, Berikut Isinya…

Di Posting Oleh madiuntoday

7 September 2018

MADIUN – Perguruan pencak silat di Kota Madiun tidak hanya berkomitmen untuk mendukung keamanan dan ketertiban di kota pecel. Kesepakatan ini juga tertuang dalam maklumat damai yang disepakati stake holder terkait. Maklumat dibacakan langsung Ketua Paguyuban Pencak Silat Kota Madiun Moerdjoko Hadi Widjojo saat Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2018, Jumat (7/9/2018).

‘’Maklumat damai ini untuk mempertegas komitmen bersama yang telah disepakati saat rapat koordinasi seluruh ketua perguruan pencak silat dan stake holder terkait, Senin lalu di gedung diklat,’’ kata Moerdjoko.

Terdapat tiga poin penting dalam maklumat. Pertama, tidak ada pengerahan massa atau mobilisasi massa baik saat tradisi nyekar 1 Suro PSHT dan Suran Agung PSHW. Kedua, kegiatan tradisi ini dapat dilaksanakan pada wilayah masing-masing. Artinya, warga perguruan dari luar tidak perlu datang ke Kota Madiun. Poin ketiga berisi sanksi. Massa yang kedapatan melanggar kesepakatan bakal dilakukan tindakan sesuai aturan hukum yang berlaku. Selain itu, mereka bakal dikembalikan ke daerah masing-masing.

‘’Maklumat damai ini bukan tanpa alasan. Ini lebih untuk menciptakan Kota Madiun yang aman, kondusif, dan damai,’’ ungkapnya sembari menyebut juga demi mendukung suksesnya Operasi Aman Suro 2018.

Maklumat, kata dia, penting diterbitkan. Moerdjoko berharap adanya rasa aman dan tentram seluruh elemen masyarakat khususnya di tahun politik. Yakni, pileg dan pilpres. Kendati puncak pesta demokrasi masih 2019 mendatang. Namun, tahapannya sudah dan sedang dimulai dari sekarang. Tahapan kampanye dimulai September ini. Tak heran, komitmen menjaga keamanan dan ketertiban penting dan perlu dilakukan.

‘’Keamanan merupakan hal penting. Harus didahulukan. Masyarakat disilahkan untuk tetap melaksanakan tradisi. Tetapi sesuai dengan komitmen yang telah disepakati. Jangan ada pengerahan massa dan pelaksanaannya di daerah masing-masing,’’ tegasnya sembari menyebut Maklumat damai ini ditandatangani Ketua DPRD Kota Madiun, Walikota, Komandan Lanud, Komandan Kodim 0803, Kapolres Madiun Kota, Kajari, dan Ketua Paguyuban Pencak Silat. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

 

Artikel Terkait

PPKM Level 3 Dibatalkan, Wali Kota : Pengetatan Tetap Dilakukan

PPKM Level 3 Dibatalkan, Wali Kota : Pengetatan Tetap Dilakukan

MADIUN - Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan bahwa pemerintah pusat resmi membatalkan status PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Pernyataan ini dirilis melalui laman...

Don`t copy text!