CPNS 2018 Dibuka! Jangan Sampai Ketinggalan Infonya

Di Posting Oleh madiuntoday

10 September 2018

MADIUN – Moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akhirnya berakhir. Pemerintah Indonesia resmi membuka lowongan tersebut. Bahkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengeluarkan pengumuman resmi terkait hal itu.

Pengumuman tersebut berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018. Di dalamnya memuat total formasi CPNS 2018. Yakni, sebanyak 238.015 orang untuk instansi pusat dan daerah.

‘’Calon pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan,’’ ujar Menteri PAN RB Syafruddin dilansir dari Kompas.com saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (6/9).

Di instansi pusat, kebutuhan CPNS terbagi menjadi 76 instansi. Dengan total formasi sebanyak 51.271 orang. Sedangkan, untuk instansi daerah akan terbagi menjadi 525 instansi dengan jumlah formasi sebanyak 186.744 orang.

Lebih lanjut, Syafruddin menuturkan bahwa proses pendaftaran dilakukan secara online melalui portal sscn.bkn.go.id. Ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS. Yaitu, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Seperti pendaftaran sebelumnya, SKD dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas seperti diatur dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018. Yakni, 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi, 80 untuk Tes Intelegensia Umum, dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Namun, ketentuan tersebut dibedakan atas peserta yang mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan khusus. Yaitu, bagi lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, pendaftar dari Papua dan Papua Barat, diaspora, serta tenaga guru dan tenaga medis atau paramedis dari eks Tenaga Honorer kategori-II.

Tahap pengumuman, pendaftaran, dan verifikasi administrasi akan dilakukan pada pekan kedua September hingga pekan kedua Oktober 2018. Pelaksanaan seleksi SKD dan SKB pada pekan ketiga Oktober 2018. Kemudian, pengumuman kelulusan pada pean keempat November 2018. ‘’Tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018,’’ imbuhnya.

Syafruddin pun mengimbau agar masyarakat mewaspadai penipuan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Khususnya, yang memanfaatkan momen seleksi CPNS. ‘’Jangan mudah percaya terhadap seseorang yang menjanjikan dapat masuk menjadi CPNS,’’ tegasnya.

Informasi resmi tentang proses perekrutan CPNS disiarkan melalui situs Kementerian PAN RB. Yakni, menpan.go.id. Juga, melalui situs resmi BKN melalui sscn.bkn.go.id. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Don`t copy text!