Bea Cukai Madiun Imbau Brewer Liquid Vape Segera Urus Legalitas Produk

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Oktober 2018

MADIUN – Aturan terkait cukai untuk liquid rokok elektrik benar-benar diterapkan. Per 1 Oktober, seluruh peredaran produk yang masuk dalam kategori Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) itu harus disertai dengan pita cukai. Jika tidak, tentu ada sanksi yang diberlakukan.

Sebelumnya, pemerintah telah memberikan kelonggaran bagi produsen dan vape store untuk menjual liquid rokok elektrik tanpa pita cukai hingga 31 September 2018. Selama masa tenggang itu, produsen diminta untuk segera mengurus izin usaha dan mengajukan pita cukai.

‘’Kalau sampai hari ini masih ada yang tidak berpita cukai, kami imbau untuk tidak diperdagangkan,’’ ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun Gatot Priyo Utomo dalam Sosialisasi Cukai Vape Rokok Kepada Brewer dan Vape Shop di kantornya, Kamis (4/10).

Dalam kesempatan itu, Gatot mengimbau kepada para produsen liquid vape atau brewer untuk segera mengurus Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). Setelah mendapatkan izin usaha yang resmi, mereka bisa mengajukan pencetakan pita cukai untuk produknya.

Tahap pengurusan izin, lanjut Gatot, sebenarnya cukup mudah. Namun, KPPBC Madiun sangat terbuka untuk melayani para pengusaha yang kesulitan dengan proses tersebut. ‘’Kami bantu mendaftar hingga dapat pita cukai. Semuanya gratis tanpa biaya,’’ tegasnya.

Dari semua produsen liquid rokok elektrik yang ada di eks Karesidenan Madiun, baru dua orang yang melakukan pengurusan izin usaha. Saat ini, keduanya telah mencapai tahapan permohonan pita cukai. Gatot pun berharap para brewer lainnya segera menyusul dua rekannya ini untuk mendapatkan NPPBKC.

Gatot menambahkan, pengurusan izin usaha hanya berlaku bagi produsen liquid rokok elektrik. Sedangkan, distributor maupun penjual eceran tidak dikenai ketentuan pengurusan izin. Namun, mereka wajib ikut mengawasi peredaran barang ilegal. ‘’Jangan mau menerima produk olahan tembakau yang tidak dilengkapi pita cukai,’’ imbuhnya.

Lalu, bagaimana dengan sisa liquid rokok elektrik tanpa pita cukai yang masih tersisa di vape shop? Untuk kondisi tersebut, KPPBC Madiun mengimbau para penjual untuk tidak memperdagangkan barang tersebut. ‘’Segera dikembalikan ke produsen untuk ditempeli pita cukai dulu, baru boleh dijual,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Don`t copy text!