Tak Hanya Urus Izin Usaha, Ini Kewajiban Para Brewer

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Oktober 2018

MADIUN – Sejak diterbitkannya aturan cukai pada liquid rokok elektrik, para produsen dikenai syarat sebelum melepas produknya ke pasaran. Yakni, mengajukan izin usaha untuk mendapatkan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) dan pita cukai resmi.

Namun, bukan itu saja kewajiban yang harus dipenuhi para brewer atau produsen liquid vape. Setelah mendapatkan surat izin resmi, mereka wajib menempelkan pita cukai pada produknya. ‘’Pita cukai harus ditempatkan pada area yang mudah sobek atau rusak,’’ tutur Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun Gatot Priyo Utomo.

Hal itu dikarenakan pita cukai tidak dapat digunakan lebih dari satu kali. Jika produsen kedapatan menyimpan dan menggunakan kembali pita cukai yang sudah dipakai, hal itu dapat menyebabkan penjatuhan sanksi kepada yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan, brewer yang telah mendapatkan NPPBKC dan memasang pita cukai wajib menyampaikan laporan secara berkala dan membuat pembukuan dengan lengkap. ‘’Laporan disampaikan setiap tanggal 10 setiap bulan,’’ ujarnya.

Selain itu, produsen juga berkewajiban memasang tanda nama di lokasi pabriknya. Model dan isi tanda nama disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Seluruh aturan, syarat, dan denda tertuang lengkap dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007. Bagi produsen yang kedapatan menjual liquid rokok elektrik tidak sesuai dengan aturan tersebut per 1 Oktober 2018, maka akan langsung ditindak tegas.

Meski begitu, KPPBC Madiun siap membantu para brewer untuk mendapatkan izin usaha hingga pita cukai. KPPBC Madiun akan mendampingi selama proses pendaftarannya. ‘’Semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun,’’ tegasnya.

Sementara itu, distributor dan vape shop tidak dikenai ketentuan membuat izin usaha. Namun, mereka wajib ikut mengawasi peredaran liquid rokok elektrik. Terutama, yang menyalahi aturan. Seperti tidak berpita cukai, menggunakan pita cukai lebih dari satu kali, berpita cukai palsu, dan berbagai jenis pelanggaran lainnya. ‘’Pelanggaran cukai dapat merugikan negara,’’ tandasnya. (dok/irs/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Don`t copy text!