Genjot Kunjungan di Pasar Tradisional, Pemkot Madiun Gelar Undian Berhadiah

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Oktober 2018

MADIUN – Pemkot Madiun punya cara unik untuk mengajak masyarakat semangat belanja di pasar tradisional. Melalui Dinas Perdagangan, mereka menyelenggarakan undian berhadiah bagi para pembeli di Pasar Besar Madiun (PBM).

Selasa (9/10), pengundian hadiah pun dilakukan di void tengah lantai 2 PBM. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto, Pj Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto, Ketua DPRD Kota Madiun Istono, Kepala Dinas Perdagangan Gaguk Hariyono, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

‘’Dalam kegiatan ini ada dua tujuan. Pertama, menarik minat pembeli untuk belanja kebutuhan di pasar tradisional. Kedua, mempromosikan bahwa pasar ini menyediakan segala kebutuhan masyarakat,’’ tutur Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat ditemui setelah acara.

Sugeng berharap, undian berhadiah ini bisa berdampak bagus bagi penjual maupun pembeli. ‘’Kalau banyak yang beli, omzet pedagang bisa tinggi dan bisa bayar retribusi tepat waktu,’’ imbuhnya.

Sementara, bagi pembeli, harapannya segala fasilitas yang ada di pasar tradisional dapat bermanfaat. Tidak hanya di PBM, tetapi juga pasar tradisional lainnya yang ada di Kota Madiun.

Tak hanya itu, Sugeng pun mengimbau kepada Dinas Perdagangan untuk melakukan survei. Khususnya, kepada pembeli. Harapannya, hasil survei itu dapat menjadi acuan untuk pengembangan fasilitas pasar ke depannya. Juga, dapat dimanfaatkan pedagang untuk mengetahui keinginan para pembeli di pasar tersebut.

Sedangkan bagi pedagang, Sugeng berpesan agar mereka terus mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. ‘’Sekarang sudah ada IT, membeli tidak harus datang ke lokasi. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini jangan hanya mengandalkan cara lama,’’ tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono menuturkan, pengumpulan undian telah dilakukan sejak Agustus lalu. Ada ketentuan khusus bagi pembeli yang ingin mendapatkan kupon undian. Yakni, membeli dengan nominal tertentu di toko, kios, maupun los yang ada di PBM.

Lebih lanjut, Gaguk merinci minimal nominal belanjaan untuk bisa mendapatkan kupon undian. Untuk transaksi di toko, minimal pembelanjaan Rp 100 ribu. Sedangkan, untuk kios minimal belanja Rp 75 ribu dan los minimal Rp 50 ribu. ‘’Setiap transaksi dengan nilai nominal tersebut bisa mendapatkan satu kupon,’’ ungkapnya.

Selain pembeli, pemkot juga memberikan hadiah berupa cindera mata bagi pedagang. Yakni, 20 orang pertama yang melunasi sewa toko, 50 orang pertama yang melunasi sewa tempat dasaran kios, dan 50 orang pertama yang melunasi pembayaran sewa tempat dasaran los. (dhevit/irs/farid/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...