Wujud Empati, Pemkot Donasikan Rp 1,5 Miliar untuk Palu

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Oktober 2018

MADIUN – Bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah memantik keprihatinan bersama. Bantuan datang dari dalam dan luar negeri. Kota Madiun sudah memberangkatkan berbagai bantuan yang dihimpun Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setempat beberapa waktu lalu. Namun, bukan berarti kepedulian terhenti. Posko bantuan terus dibuka. Teranyar, Pemkot Madiun tengah memproses bantuan keuangan untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp 1,5 miliar.

‘’Ini merupakan tindak lanjut dari surat Kemendagri yang kami terima beberapa waktu lalu. Semoga ini dapat membantu meringankan beban saudara-saudara yang ada disana,’’ kata Sekda Kota Madiun Rusdiyanto, Jumat (12/10).

Surat himbaun itu diterima 5 Oktober lalu. Tak butuh waktu lama, surat langsung ditindaklanjuti. Koordinasi dengan tim badan anggaran (banggar) DPRD dilakukan. Pemerintah daerah memang dihimbau untuk memberikan bantuan keuangan kepada Pemprov Sulteng. Besaran Rp 1,5 miliar disepakati. Bantuan diambil dari pos belanja tidak langsung (BTT) Pemkot Madiun. Pos anggaran ini memang disiapkan untuk kondisi kedaruratan. Salah satunya, bencana alam.

‘’Besaran ini sudah kami perhitungkan matang. Tidak akan mengganggu keuangan Pemkot sini. Apalagi ini demi kemanusiaan,’’ imbuhnya.

Proses bantuan keuangan tersebut masuk dalam perubahan APBD yang saat ini sedang pada tahapan evaluasi gubernur. Pemkot tinggal menunggu nomor registrasi perda P APBD dari gubernur tersebut. Duit bantuan akan segera ditransfer begitu proses pembahasan rampung. Bantuan memang tidak diberikan berupa barang. Ini untuk mempercepat proses. Penggunaan bantuan sepenuhnya diserahkan pihak Pemprov Sulteng.

‘’Insya Allah tidak mengganggu keuangan disini. Semangat kami semangat berempati,’’ jelasnya.

Ketua DPRD Kota Madiun Istono memastikan pemberian bantuan sudah masuk dalam pembahasan P APBD 2018 ini. Sebab, turunnya surat Kemendagri sebelum pembahasan P APBD berakhir. Besaran bantuan langsung dimasukkkan begitu kesepakatan mengemuka. Istono menyebut besaran bantuan mungkin kecil. Namun, semoga dapat membantu meringankan saudara disana. Apalagi, surat himbauan ini dikirim kepada seluruh pemerintah Kota, Kabupaten, dan Provinsi di seluruh tanah air.

‘’Prinsipnya kami dalam hal ini eksekutif maupun legislatif telah menyepakati pemberian bantuan. Apalagi ini memiliki dasar yang jelas dan demi kepentingan kemanusiaan,’’ ujarnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Merokok merugikan kesehatan. Tapi bagi yang merokok, selalu patuhi aturan cukai rokok. Jangan beli rokok illegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai, berpita cukai palsu atau berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan pemasukan negara. Mematuhi aturan cukai berarti berkontribusi pada negara.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun

Artikel Terkait

Don`t copy text!