Jangan Takut Lapor! Bea Cukai Beri Perlindungan Saksi

Di Posting Oleh madiuntoday

7 November 2018

MADIUN – Peredaran rokok ilegal masih menjadi fokus perhatian Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun. Petugas terus melakukan penelusuran untuk memberantasnya hingga tuntas.

Meski demikian, pengawasan dan penyelidikan saja belum tentu cukup untuk mengumpulkan informasi terkait peredaran rokok ilegal. Perlu dukungan dan partisipasi masyarakat yang melaporkan jika menemukan rokok tanpa pita cukai atau berpita cukai palsu di wilayahnya. ‘’Kalau menemukan, segera laporkan ke kantor Bea Cukai,’’ ujar Staf Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Madiun Faizal Wartomo, Rabu (7/11).

Selama ini, menurut Faizal, ada warga yang mengetahui peredaran rokok ilegal. Namun, tidak berani melapor karena sesuatu hal. Untuk itu, Bea Cukai menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Tujuannya, memberikan rasa aman dan perlindungan bagi warga yang bersedia memberikan informasi terkait peredaran rokok ilegal.

Faizal menjelaskan, informasi yang didapatkan dari masyarakat menjadi perhatian dan pertimbangan dalam tindak pengawasan barang yang seharusnya dikenai cukai. Kemudian, petugas akan melakukan penyidikan lebih lanjut. ‘’Karena itu jangan takut. Segera laporkan jika menemukan pelanggaran,’’ tegasnya.

Sementara itu, bagi pedagang yang tidak mengetahui bahwa rokok yang dijualnya adalah ilegal, Bea Cukai akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Jika terbukti tidak bersalah, dapat dibebaskan dari jerat hukum. Berbeda halnya jika pelanggaran itu disengaja. Tentu ada sanksi hukum yang menunggu.

Rokok ilegal biasanya menggunakan nama-nama yang familiar. Bahkan, desainnya mirip dengan produk pasaran yang telah mengantongi izin legal. Sekilas tidak nampak perbedaannya. Karena itu, masyarakat harus jeli dalam mengenali perbedaan itu.

Selain memberikan informasi terkait peredaran rokok ilegal, masyarakat juga dapat membantu memerangi pelanggaran itu. Yakni, dengan membeli rokok legal yang dilengkapi dengan pita cukai. Mengonsumsi rokok ilegal tidak hanya merugikan negara. Tetapi juga berbahaya bagi kesehatan.

‘’Dengan menggunakan rokok berpita cukai legal berarti turut mengoptimalkan pendapatan negara dan mendukung program pembangunan yang nantinya juga dimanfaatkan oleh masyarakat,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!